Tingkatkan Pengetahuan Iman dan Taqwa, MUI Gelar Halaqoh Pesantren

Acara Halaqoh Pesantren yang dihadiri oleh Ormas Islam Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar, Rabu 01 November 2017

Menyambut hari jadi Karanganyar seabad dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, Majelis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Karanganyar menggelar Halaqoh Pesantren di Hotel Tamansari, Rabu (1/11/2017).

Kegiatan ini diikuti para Tokoh Agama, Ulama, Ormas Islam, Takmir Masjid, Para Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Karanganyar.

Sekretaris MUI Karanganyar, Abdul Mu’id dalam laporannya mengatakan kegiatan halaqoh diikuti lebih kurang 150 peserta dari berbagai unsur. Kegiatan halaqoh pesantren merupakan sarana untuk saling bertukar pikiran dalam pengetahuan, peningkatan iman dan taqwa, perkembangan pondok pesantren di Karanganyar sekaligus Hari Santri Nasional 2017.

Ditambahkannya untuk Karanganyar Maju dan Sejahtera perlu adanya sinergi dari berbagai pihak mulai dari Pemerintah, masyarakat hingga para tokoh agama.

“Pemerintah harus menggandeng para tokoh agama dan pondok pesantren untuk menjaga kerukunan dan situasi tetap kondusif,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kabupaten Karanagnyar, Musta’in Ahmad menyambut positif diselenggarakannya kegiatan ini. Diharapkan dari kegiatan ini memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan kerukunan antar umat beragama.
“Tahun ini Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karanganyar mendapat penghargaan dari Kementerian Agama RI untuk wilayah tetap kondusif,”tuturnya.

Musta’in berharap kerukunan beragama di Kabupaten Karanganyar dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Begitu pula Ponpes-ponpes di Karanganyar untuk selalu dijaga keharmonisannya.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi selaku mewakili Bupati dalam sambutannya menuturkan Pondok Pesantren terus berkembang di Kabupaten Karanganyar. Diharapkan pondok pesanteran yang ada di wilayah Karanganyar ini menjadi ponpes modern baik untuk pembelajaran agama maupun kondisi bangunan yang jauh dari kesan kumuh.

“Pemerintah melalui Baznas berkomitmen membantu memberikan bantuan pada tiap-tiap Takmir Masjid yang selama ini menjaga kebersihan masjid,”jelasnya.

Demikian Diskominfo (ft/muadz/ind)