Satpol PP Karanganyar Miliki Gedung Baru

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meresmikan Gedung Satpol PP Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar, Senin (30/10/2017)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar memiliki Gedung baru, yang berlokasi di Komplek Perkantoran Cangakan. Tepatnya di sebelah selatan Kantor KPU Kabupaten Karanganyar. Sebelumya berada di sebelah barat Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Gedung baru Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar, Senin Pagi (30/10), diresmikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Tampak hadir Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutannya, Bupati Juliyatmono mengatakan sebagai Penegak Perda, selain  berpenampilan gagah,  Satpol PP harus mempunyai hati yang halus, santun dan berkomunikasi yang baik.

“Kantornya sudah gagah, representatif, “performance” pemerintah ada disitu, pakaian Dinas Satpol PP tampil sebagai wajah pemerintah,” kata Bupati.

Di akhir sambutannya bupati berpesan kepada Kepala Satpol PP untuk menyemangati anggotanya yang masih muda, memberdayakan aggotanya dengan baik agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

“Dalam menegakkan Perda, Satpol PP  harus menkomuikasikannya dengan organisasi pemerintah lain agar menghasilkan kebijakan yang memuaskan,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato, mengatakan pembangunan gedung Satpol PP ini memakan waktu dua tahun anggaran. Tahun 2016 mendapatkan dana Rp. 1,8 miliar dengan realisasi 60 persen pembangunan, dilanjutkan di tahun 2017 juga mendapatkan anggaran yang sama.

“Untuk tahun 2017 ini, sebenarnya habis kontrak di bulan bulan November, namun progres pengerjaan selesai sebelum jadwal semestinya,” kata Kurniadi.

Dijelaskan pula oleh Kurniadi, karena kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dan perkembangan jaman,  dibutuhkan personil jumlah yang memadai.

“Setelah di hitung diperoleh angka rasio yang ideal sebanyak 350 orang . Namun sekarang ini baru 225 personil. Terdiri 78 ASN, sisanya dari  tenaga harian kontrak (PMK dan Banpol),” katanya.(Mdz)