Peringati Sumpah Pemuda, Ekspedisi Lawu Hingga Upacara di Sekipan

Ekspedisi Lawu 2017

Karanganyar, Sabtu (28/10/2017)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 di Kabupaten Karanganyar di selenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini terdapat tiga agenda yakni, Ekspedisi Lawu, Jambore Pemuda, dan Upacara Sumpah Pemuda di Bumi Perkemahan Sekipan.

Dimulai dari Ekspedisi Lawu, yakni pendakian gunung Lawu hingga puncaknya. Sesampainya di puncak juga di adakan Upacara Sumpah Pemuda.

Rombongan sebanyak 284 orang itu terdiri dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Kapolres Karanganyar, AKBP. Henik Maryanto, Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Czi Santy Karsa Tarigan,  jajaran Kodim dan Polres Karanganyar, Organisasi Perangkat Daerah, dan Pecinta Alam.

“Ini totalitas memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mendekatkan dan menyatu  dengan alam. Juga mendekatkan diri kepada Tuhan, belajar banyak ciptaan Nya yang luar biasa ini,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat (27/10) malam, pukul 19.00 sebelum berangkat pendakian.

Ekspedisi lawu di tahun 2017 ini, dimulai dari  titik pemberangkatan di Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu dan turun melalui jalur Candi Cetho,di Kecamatan Jenawi, Sabtu (28/10).

Upacara Hari Sumpah Pemuda di Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Selain itu, di hari yang sama pada pagi hari di adakan Jambore Pemuda yang diikuti sebanyak 375 orang pemuda dari setiap desa di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut berlangsun selama 3 hari 2 malam (Jumat-Minggu) 27-29 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

Selama berlangsung jambore, mereka tidur di tenda yang sudah disiapkan panitia dan juga ditempa tentang Kepemudaan, Wawasan Kebangsaan, Kewirausahaan dan materi lainnya.

Ke esokan harinya, Sabtu (28/10),ditempat yang sama, diadakan Upacara Sumpah Pemuda yang di pimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, yang diikuti TNI,Polri, PNS, dan peserta jambore pemuda. (pd)