CEGAH KANKER, PNS WANITA IKUTI SOSIALISASI

dr. Haryono, Sp.B memberikan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara pada PNS wanita di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar – selasa, 24 oktober 2017

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerjasama dengan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengadakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara, selasa (24/10/2017) bertempat di Rumah Dinas Bupati.

Acara ini diadakan khusus untuk PNS wanita perwakilan dari 42 Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Karangayar dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan wanita Indonesia khususnya daerah Karanganyar bebas kanker serta untuk meningkatkan kesadaran wanita tentang gejala sekaligus pecegahan kanker serviks dan payudara.

“Dari data yang diperoleh separuh lebih dari 15.000 pengidap kanker dinyatakan meninggal dunia, setiap satu jam terdapat satu wanita meninggal, oleh karena itu diadakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara”, ujar Sekda Karanganyar.

Dalam sambutannya, Samsi mengatakan ada beberapa cara untuk mencegah kanker, yaitu dengan menjaga kebersihan, kesehatan dan hidup higienis. Selain itu, menurut dr. Haryono dari RSUD Karanganyar para wanita harus menjaga pola makan yang baik, dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta menjaga berat badan.

Setelah selesai sosialisasi ini diharapkan para PNS wanita dapat menjelaskan tetang upaya pencegahan kanker  serviks dan payudara serta mmberikan kesadaran terhadap wanita-wanita di kabupaten Karanganyar demia terwujudnya katini-kartini Indonesia yang sehat.

Demikian KOMINFO (ppt/mdz)