Perpusda Karanganyar Adakan Pameran Buku

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kiri), Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo (tengah), dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar, Bambang Harsono (kanan), di pameran buku Kabupaten Karanganyar 2017.

Karanganyar, Jumat (20/10/2017)

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarspus) Kabupaten Karanganyar mengadakan pameran buku dan gebyar buku murah selama enam hari, di mulai dari 20-26 Oktober 2017, yang bertempat di Dinas tersebut.

Pameran tersebut diikuti sebanyak 150 penerbit Nasional. Selain itu juga ada acara bedah buku, lomba bercerita, lomba baca puisi, hiburan akuistik, lomba menggambar dan mewarnai, lomba menulis halus, lomba dongeng bahasa jawa, talkshow Lp2r.

“Ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Satu Abad Kabupaten Karanganyar. Harapan kita menumbuhkan minat baca masyarakat dan menjadikan Kabupaten Literasi,” kata Kepala Disarspus Kabupaten Karanganyar, Bambang Harsono, Jumat (20/10) dilokasi.

Bambang menargetkan, rata-rata pengunjung mencapai 2500 orang per hari pengunjung pameran. Pameran seperti tahun ini juga sudah sering diadakan setiap tahun.

Selain itu, di Disarspus Kabupaten Karanganyar, jumlah judul buku yang dikoleksi sebanyak 18 ribu. Sedangkan jumlah anggota sekitar 3000 orang.

Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta untuk tahun 2018, Pemkab Karanganyar sudah mengaplikasikan i-Karanganyar, yakni program berbasis android yang berisi buku bacaan, sehingga dimana saja, kapan saja, anggota dapat mengaksesnya.

“Kita ingin meningkatkan minat baca di Kabupaten Karanganyar. Selain itu juga di survey, berapa banyak tingkat gemar membaca sudah berapa persen,” kata Bupati Karanganyar, saat memberikan sambutan.

Di acara itu, tampak hadir pula Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar.(pd)