Disdikbud Karanganyar Berdayakan Pendidikan Inklusi

kominfo
Sosialisasi Pemberdayaan Pendidikan Inklusi di Kabupaten Karanganyar, Rabu Pagi (18/10)

Karanganyar – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar mengadakan Sosialisasi Pemberdayaan Pendidikan Inklusi di Hotel Taman Sari Karanganyar, Rabu Pagi (18/10). Hadir mewakili Bupati Karanganyar, Asisten Administrasi Setda Karanganyar didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sosialisasi diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Kepala OPD seperti Baperlitbang, Badan Keuangan Daerah, Dinas Sosial dan Bagian Hukum Setda Karanganyar. Selain itu 17 Kepala UPT, Koordinator Pengawas SD dan SMP, Seluruh Pejabat Struktural di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Himpaudi, dan IGTKI juga hadir sebagai peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Setda Karanganyar Sutarno memberikan apresiasi kepada Disdikbud atas terbentuknya Pokja Pendidikan Inklusi sesuai dengan Permendiknas 70 Tahun 2009. Terbentuknya Pokja tersebut, bertujuan agar pendidikan anak berkebutuhan khusus dapat diakomodir dan tersalurkan ke sekolah yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Tidak ada alasan untuk sekolah menolak anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Karanganyar”, kata Sutarno

Dikatakan lebih lanjut pendidikan inklusi ini dapat berjalan sukses dengan adanya sinergitas antara Pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Untuk itu ditekankan bagi pihak sekolah melalui Pokja Pendidikan Inklusi supaya menyiapkan tenaga pendidik, sarana prasara sekaligus pendanaanya.

Kehadiran OPD Baperlitbang dan Badan Keuangan Daerah saat sosialisasi diharapkan mampu mendukung Pokja Pendidikan Inklusi kaitannya dengan merencanakan dan penyediaan anggaran.

Sementara itu, Tarsa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaporkan pelaksanaan sosialisasi ini didanai oleh Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Kemendikbud RI Tahun Anggaran 2017 dengan mendatangkan nara sumber Irma Listyawati Pengawas Sekolah Luar Biasa Propinsi Jawa Tengah. Demikian Diskominfo (ad/ygi)