Sosialisasi dan Verifikasi Ormas LSM

diskominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan sambutan sekaligus membuka Sosialisasi Ormas LSM

Karanganyar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan Sosialisasi dan Verifikasi bagi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Selasa Pagi (10/10). Bertempat di Gedung DPRD Karanganyar, acara tersebut dihadiri oleh ratusan Ormas dan LSM.

Bupati Karanganyar Juliyatmono yang hadir secara langsung dan membuka sosialisasi dalam sambutannya mengatakan peran Ormas dan LSM di Kabupaten Karanganyar sangatlah diperlukan.

Kesbangpol yang salah satu fungsinya yaitu memberdayakan Ormas dan LSM diharapkan mampu menjadikan Ormas dan LSM sebagai subyek bagi upaya pemerintah mewujudkan cita-citanya menjadikan masyarakat sejahtera lahir batin, dibawah suasana yang nyaman dan tentram serta saling menghargai sesama untuk terus berkembang melanjutkan masa depannya dan terus bisa menjadi manfaat.

Ditambahkan lebih lanjut, Juliyatmono mengatakan Pemerintah dibagi menurut kewenanganannya masing-masing menurut asas desentralisasi, Hubungan baik (sinergitas) Pemerintah dan Ormas LSM untuk memperkokoh Negara Kesatuan RI yang sudah sepakat bahwa ideologi bangsa alat pemersatu bangsa adalah Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika. Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut harus disosialisasikan terus karena setiap jaman mempunyai tantangan tersendiri.

Kabupaten Karanganyar juga telah terbuka akan informasi, masyarakat diharapkan tidak takut untuk mencari informasi di Pemerintah, hal ini dimaksudkan untuk menghindari informasi yang salah karena sumber tidak tepat (hoax).

“Portal media baik website, sosial media maupun sms center telah kami buka untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat Karanganyar maupun tempat untuk menyampaikan keluhannya akan layanan yang ada di Pemerintah”, Ujar Juliyatmono yang disambut dengan tepuk tangan peserta sosialisasi

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Agus Cipto Waluyo melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencapai sinergitas antara Pemerintah dan Ormas serta LSM yang ada di Kabupaten Karanganyar dalam mendukung program-program yang telah dijalankan Oleh Pemerintah. Dalam sosialisasi ini diundang Ormas sebanyak 145 dan LSM sebanyak 79. Demikian Diskominfo (ad/adt)