Ratusan Pelajar “mBatik” di Kain Sepanjang 100 Meter

Sekelompok pelajar saat membatik di even “mBatik On Street” di kawasan CFD Karanganyar.

Karanganyar, Senin (09/10/2017)

Ratusan pelajar SD,SMP, SMA se Kecamatan Karanganyar membatik di kain putih sepanjang 100 meter, di kawasan Car Free Day Kabupaten Karanganyar, Minggu (08/10) pagi.

Mereka bebas membatik berbagai motif di kain putih selebar 0,5 meter. Sejak pukul 07.00 WIB mulai menuangkan ide kreasi dengan peralatan canting, kuas, dan malam.

Selain itu, ada pula puluhan pelajar yang membatik di kain putih berbentuk kotak dan sudah ada pola batik. Sesekali mereka meniup canting agar tidak ada gumpalan di pola batik.

Even yang fasilitasi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar untuk memperingati Hari Batik Nasional dan rangkaian acara satu Abad Kabupaten Karanganyar di tahun 2017.

mBatik On Street ini sudah dua kalinya untuk lebih mengenalkan cara membatik kepada anak pelajar. Ternyata tidak mudah, harus pelan-pelan, sabar agar menghasilkan karya yang bagus,” kata Kepala Disarpus, Bambang Harsono.

Di acara tersebut juga ada lengak lengok Putra Putri Lawu, menampilkan baju batik berbagai motif dan model dari pengrajin lokal. Acara juga diramaikan oleh musik akuistik.(pd)