Bupati Karanganyar Serahkan Kartu Tani dan Alat Pertanian

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mencoba alsintan seusai penyerahan kepada petani

Karanganyar, Jumat (06/10/2017)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyerahkan secara simbolis Kartu Tani dan alat pertanian kepada 22 petani di Kabupaten Karanganyar, Kamis (05/10) pagi, di ruang Podang 1, Setda Karanganyar.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo, mengatakan Kartu Tani dan buku rekening distribusikan melalui Bank BRI Cabang Karanganyar.

“Jumlah ada 101.144 kartu tani. Saldonya masih nol rupiah, jadi dia harus mengisi saldo dulu, baru bisa digunakan dengan alat EDC di toko pengecer untuk membeli pupuk,” kata Supramnaryo.

Sedangkan subsidi pupuk yang diberikan Pemerintah, kata Supramnaryo, tergantung dengan luas lahan yang dimiliki petani.

Selain Kartu Tani, pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan berupa alat pertanian berupa 11 traktor roda 4 , 78 traktor roda 2, 13 rice transplanter, 18 pompa air 4 inchi, satu 6 inchi pompa air , 16 pompa air 3 inchi, dan 96 handspayer.

Seusai penyerahan, Bupati menjelaskan dengan adanya Kartu Tani maka mudah untuk mengawasi distribusi subsidi pupuk, karena milik orang per orang.  Dengan begitu kebutuhan pupuk bagi para petani akan lebih terjamin.

“Yang paling penting adalah displin. Jatah sudah termonitor alokasi kebutuhan pupuk petani. Tidak bisa lagi mempermainkan jumlah kebutuhan pupuk,” kata Bupati.

Sedangkan untuk peralatan pertanian, Bupati menjelaskan petani di Kabupaten Karanganyar butuh cultivator untuk daerah pegunungan, seperti bajak tanah.

“Sumber bantuan dari Kementerian Pertanian RI, dan mekanisasi pertanian sekarang sudah keharusan untuk mengurangi biaya produksi,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono . (pd)