522 Anak Ikut Lomba MAPSI

Salah satu peserta saat tampil di lomba MAPSI Kabupaten Karanganyar tahun 2017

Karanganyar, Selasa (03/10/2017)

Sebanyak 522 anak dari berbagai Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Karanganyar ikut lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) tahun 2017.

Kegiatan sehari itu berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, SD Cangakan 1, SD Jungke 1, PKPRI, Dekopinda dan tempat lain yang telah ditentukan.

“Masing-masing peserta yakni juara satu dari permakilan 17 Kecamatan se Kabupaten Karanganyar,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa, Selasa (03/10) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, saat acara pembukaan.

Lomba itu lanjut Tarsa, meliputi 26 cabang, antara lain lomba pendidikan agama Islam dan baca tulis Al Quran, karya ilmiah, ketrampilan adzan untuk putra, macapat Islami, seni bercerita Islami, gerakan dan baca shalat fardhu, tartil Al Quran, teknologi informasi dan komunikasi Islami, rebana, seni kaligrafi, kewirausahaan Islami, cerdas cermat, tahsinul khot, tabit Al Quran, tilawah, dan khitobah

“Untuk juara satu lomba tingkat Kabupaten diwajibkan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan sambutan pembukaan mengatakan,  menyambut baik lomba itu yang telah di selenggarakan setiap tahun.

“Ini adalah contoh kongkrit dari penerapan ajaran Islam yang menjujung nilai-nilai kemanusiaan melalui pendekatan seni,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati meminta kepada Kepala Sekolah dan Guru untuk selalu mengawasi lingkungan anak-anak agar tidak terpengaruh negatif.

“Karakter anak-anak harus dibentuk melalui penghayatan nilai-nilai agama yang kuat. Revolusi mental itu terjemahan ya lomba seperti ini, karena anak menjadi  mandiri, berkarakter, bakat anak menjadi terasah, dan anak-anak yang percaya diri,” katanya.

Bupati juga meminta kepada para pemenang saat menjelang tampil di tingkat Provinsi Jawa Tengah agar dibina terus, jangan sampai berhenti.(pd)