Tingkatkan Kualitas Pendidik, Disdikbud Gelar Lomba Guru Kelas dan Guru Mapel

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan pengarahan di hadapan Guru peserta lomba di Aula SMAN 1 Karanganyar, Jumat (29/9).

Karanganyar, Jum’at 29 September 2017

Ratusan Guru dari tingkat Sekolah Dasar sampai Menengah Atas se Kabupaten Karanganyar mengikuti lomba Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran menuju Guruku Idolaku, Jum’at (29/9/2017) pagi di aula SMA Negeri 1 Karanganyar.

Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas para pengajar dan bervariasi dalam menyampaikan mata pelajaran sehingga menjadikan pengajar sebagai guru idola dan motivasi belajar bagi anak-anak didik.

Pembukaan lomba dilakukan langsung Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Dalam arahannya, Bupati menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu program Pemkab Karanganyar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Karanganyar khususnya. Program ini salah satu cara mengukur kualitas para pengajar sehingga menggairahkan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

“Kita tidak boleh puas dengan apa yang telah kita dapat. Peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan sehingga terjadi sinergi anatara guru dan muridnya,”terangnya.

Bupati juga menekankan adanya kerjasama dalam penyeleksian pengawas sekolah sehingga nantinya berdampak positif bagi pendidikan di Karanganyar.

Sementara itu, Tartib Supriyadi selaku tim LPMP Provinsi Jateng mengatakan Kabupaten Karanganyar merupakan daerah dengan potensi yang baik dibidang pendidikan.

“Program Guruku Idolaku telah menjadi percontohan di daerah lain. Selain itu pula, Karanganyar adalah Kabupaten yang telah menyumbangkan kualitas pendidikan terbaik dengan meraih peringkat kedua hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) tingkat Provinsi Jawa Tengah,”tuturnya.

Lebih lanjut Tartib Supriyadi mengharapkan kerjasama Disdikbud Karanganyar dan LPMP Provinsi Jateng terus berlangsung untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Karanganyar.

Pada kesempatan tersebut dilaporkan Kepala Disdikbud Karanganyar, Tarsa, untuk lomba guru kelas dan guru mata pelajaran ini menyediakan hadiah sebesar dua juta lima ratus ribu rupiah bagi guru yang meraih juara pertama.

“Sebanyak 159 guru yang mengikuti lomba guruku idolaku. Mulai dari tingkat SD sampai SMA se Kabupaten Karanganyar,”lapornya.

Demikian Diskominfo (ft/ind)