Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo didampingi sejumlah petinggi TNI berziarah ke makam Presiden RI kedua, Soeharto, di Astana Giri Bangun (AGB), Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Selasa (19/09) pagi.

Karanganyar, Selasa (19/09/2017)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo didampingi sejumlah petinggi TNI berziarah ke makam Presiden RI kedua, Soeharto, di Astana Giri Bangun (AGB), Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Selasa (19/09) pagi.

Pukul 09.17 WIB, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tiba di AGB dan disambut para perwira di jajaran TNI. Selanjutnya, menuju Wisma Lerem untuk beristirahat sebentar. Setelah itu, Panglima TNI masuk ke Cungkup Argosari tempat dimakamkannya Soeharto dan Siti Hartinah Soeharto (Ibu Tien), serta sejumlah kerabat.

Kemudian, acara pembacaan surat Yasin dan doa tahlil yang dipimpin Kepala Pelaksana Harian Astana Giribangun Sukirno. Setelah selesai, ziarah diakhiri dengan prosesi tabur bunga

Sehari sebelumnya, Panglima TNI berziarah di makam Presiden RI pertama Soekarno (Bung Karno) di Blitar dan makam Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang.

Ikut dalam kunjungan ziarah, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Tampak pula sejumlah petinggi TNI dari berbagai daerah. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI.

Panglima TNI mengatakan, ziarah ke makam tiga mantan Presiden RI dilakukan agar seluruh prajurit TNI bisa meneladani langkah perjuangan yang dilakukan ketiganya.

“Sebelumnya, kami berziarah ke makam Bung Karno dan Gus Dur. Hari ini  ke makam Jenderal Besar Soeharto. Kami mendoakan ketiganya, juga untuk meneladani langkah perjuangannya,” katanya.

Gatot mengaku terkesan dari kunjungannya ke tiga makam mantan Presiden RI tersebut. Sebab, meskipun sudah wafat, ketiganya masih memberi penghidupan kepada banyak orang.

“Makamnya saja, sehari bisa diziarahi seribu orang. Itu ketiganya. Tukang ojek dapat makan, tukang pecel dapat makan. Bahkan rumah-rumah di sekitarnya yang disewakan untuk peziarah. Ini luar biasa,” katanya.

Dikatakan juga, kegiatan ziarah itu bagian dari langkah TNI agar tidak melupakan sejarah bangsa.

Setelah dari Kabupaten Karanganyar, Panglima TNI langsung melanjutkan kegiatan ziarahnya ke makam Jenderal Besar Soedirman di Yogyakarta. Dilanjutkan besok, rombongan juga berziarah di TMP Seroja, Dili.(pd)