Desa Buran Maju LBS Tingkat Propinsi Jawa Tengah

kominfo
Fashion Show hasil pengolahan sampah Desa Buran yang merupakan hasil karya Ibu-Ibu PKK Desa Buran.

Karanganyar  Dengan pengelolaan sampah secara mandiri, Desa Buran Kecamatan Tasikmadu berhak mewakili Kabupaten Karanganyar ke Tingkat Propinsi Jawa Tengah Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Dengan slogan Reuse, Reduce dan Recycle, Desa Buran telah memiliki tempat pengolahan sampah terpadu (TPST 3R) dan Bank Sampah “Barokah”.

TPST3R Barokah dibangun atas dasar perencanaan masyarakat melalui Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) PNPM Mandiri Perkotaan (sekarang P2KKP) dan bergerak dalam upaya penyadaran keseluruh masyarakat Desa Buran untuk menangani sampah. Masyarakat diajak untuk memilah sampah dengan mengolahnya secara benar dan menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Luas lahan yang dimiliki TPST3R Barokah 7.300m2 dan cakupan wilayah 49 RT 1306 KK serta 459 KK sebagai penabung di Bank Sampah Barokah telah memiliki SK Bupati Karanganyar.

Tim verifikasi dari Propinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3A DALDUK KB), Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil), Dinas Lingkungah Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Pokja 4 TP. PKK Propinsi Jawa Tengah  Senin Pagi (18/9) melakukan verifikasi lapangan dan sebelumnya diterima Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dalam sambutannya menyambut baik atas masuknya Desa Buran sebagai nominasi Lomba LBS tingkat Propinsi Jawa Tengah bersama 2 Kabupaten Lainnya. Kabupaten Karanganyar siap membangun Desa Buran supaya dapat juara di Tingkat Propinsi dan Nasional.

“Kabupaten Karanganyar juga telah memiliki program One Day No Smooking dihari Senin, himbauan untuk tidak merokok tersebut berlaku diseluruh wilayah Kabupaten Karanganyar”, kata Rohadi Widodo didepan tim verifikasi dan hadirin.

Sementara itu Ketua Tim verifikasi dari Provinsi Jateng, Elly Sugardini melaporkan bahwa Kabupaten Karanganyar setelah penilaian administrasi beberapa waktu lalu terpilih masuk nominasi bersama 2 Kabupaten lainnya, yaitu Kabupaten Demak dan Kabupaten Banyumas. Dari 3 nominasi tersebut akan dipilih satu pemenang mewakili Propinsi Jawa Tengah maju dalam lomba yang sama ditingkat nasional. Demikian Diskominfo (ad/adt)