MTQ Pelajar dan Umum, Delapan Cabang Dilombakan

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat membuka MTQ Kabupaten Karanganyar tahun 2017.

Karanganyar, Rabu (06/09/2017)

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2017 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Karanganyar, melombakan delapan cabang yang diikuti oleh pelajar dan umum.

Cabang-cabang yang dilombakan untuk kategori pelajar meliputi Tilawah, Tartil, Tahfidz 1 juz dan Tilawah Tingkat SMP/MTs Putra Putra, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Tingkat SMA/SMK/MA Putra Putri.

Sedangkan MTQ umum meliputi, cabang Tilawatil Quran golongan anak-anak, remaja, dan dewasa putra putri, cabang Tahfidzil Quran golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz dan golongan 20 dan golongan 30 juz Putra Putri.

Selanjutnya ada Cabang Tafsir Al Quran bahasa Arab juz 8 dan hafalan 30 juz dan Tafsir Al Quran bahasa Inggris juz 9 dan hafalan 30 juz Putra Putri. Cabang Khat Al Quran meliputi Khat Naskah, Khat Mushaf, Khat Dekorasi Putra Putri.

“MTQ Tingkat Kabupaten Karanganyar tahun ini diikuti oleh Qor’i dan Qoria’ah, Hafidz/Hafidzzoh dan Muffasirr/Muffasiroh terbaik tingkat Kecamatan, yang dilaksanakan di pada akhir bulan Agustus 201,” kata Ketua Panitia, Agam Bintoro.

Agam juga menjelaskan dengan MTQ ini dapat mengembangkan pembinaan bakat-bakat seni baca Al Quran, dan menyiapkan kontingen Kabupaten Karanganyar untuk mengikuti MTQ Pelajar dan MTQ Umum Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba yang diselenggarakan selama satu hari itu berlangsung di, SMP Negeri 5 Karanganyar, Rabu (06/09) pagi sampai selesai, dan dibuka oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Di acara tersebut, Bupati mengimbau agar semua peserta terus berlatih dengan baik agar selalu berprestasi diberbagai tingkatan, baik di Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

“Saya dikesempatan yang baik ini, juga memita agar para pemenang MTQ dapat dibina terus. Jangan berhenti sampai disini saja, menjadi pemenang, tapi dilatih terus agar semakin berprestasi,” katanya.(pd)