Study Banding LPPD dan LKPJ, Pemda Sarolangun Kunjungi Karanganyar  

KOMINFO
Tukar menukar cinderamata Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Soralangun Jambi di Ruang Podang II Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Selasa (05/9).

Karanganyar, Selasa 5 September 2017

Sekretaris Daerah Karanganyar didampingi Asisten I Setda Karanganyar menerima kunjungan kerja  (kunker) Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi di ruang Podang II Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar, Selasa (5/9/2017).

Hazrian selaku Asisten Pemerintahan  Kabupaten Soralangun sekaligus Pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, untuk mendapat dan menggali informasi dari Kabupaten Karanganyar dan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan terkait Laporan Penyusunan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Lembar Kerja Pertanggujawaban (LKPJ)  sehingga mampu menyajikan laporan pemerintahan dengan baik.

“ Ingin kami tiru dan tindaklanjuti di daerah kami, sehingga Pemerintahan Daerah Soralangun bisa menjadi baik pula, utamanya dalam hal pelayanan publik,”harapnya.

Pada kunjungan kerja tersebut, Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi menjelaskan Karanganyar untuk Laporan Kinerja Pemerintahan terbaik peringkat ke-2 tingkat Nasional dan berbagai penghargaan juga telah diraih.

Lebih lanjut ia menjelaskan berbagai unggulan Karanganyar untuk tingkat Nasional dan Internasional yakni Layanan Anggota Masyarakat atau LAYANGMAS adalah layanan informasi Kabupaten Karanganyar berbasis data spasial (peta), kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar. LAYANGMAS bertujuan untuk memberikan informasi potensi-potensi industri, pertanian, dan pariwisata, serta informasi-informasi bidang pertanahan yang jelas dan transparan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat.

Aplikasi LAYANGMAS menyajikan bermacam peta tematik termasuk peta bidang tanah, dengan dasar peta satelit. Peta-peta tematik yang ada antara lain industri, pertanian, pariwisata, penggunan tanah, rencana tata ruang, zona nilai tanah, hak tanggungan, rawan bencana, bidang tanah.

Lebih lanjut ia mengatakan Layanan sertifikasi tanah dengan sistem jemput bola  mobil keliling di daerah-daerah/desa desa (mobile), layanan PDAM, layanan Pajak dengan sistem mobil keliling.

Ditambahkannya keberhasilan pemerintahan adalah berawal dari komitmen seorang pimpinan yang selanjutnya disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Yang terpenting semua terkoordinasi, input dan outputnya harus sinergi karena itu menandakan data akurat. Harus ada kerjasama dan komunikasi yang baik antar OPD, BUMD, BUMN, karena pekerjaan sekarang berdasar sistem, ini adalah komitmen bersama sejak awal,”tandasnya.

Demikian Diskominfo (ft/ind)