Bupati Apresiasi Pengelolaan UPK Berjalan Tertib

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat menghadiri Semarak Dasawarsa UPK Gondangrejo

Karanganyar, Selasa (05/09/2017)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengapresiasi pengelolaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di Kabupaten Karanganyar berjalan tertib, karena dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah  kecil di wilayah masing-masing.

“Melalui simpan pinjam di UPK di Kecamatan berjalan baik, pinjaman dan setoran juga baik, dan NPL di bawah satu persen,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Selasa (05/09) saat menghadiri Semarak Dasawarsa UPK Gondangrejo, di lapangan Dayu.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengatakan, UPK (yang dulu dikenal dengan PNPM Perdesaan) bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu dihadapan masyarakat yang hadir,  dia meminta untuk lebih semangat dan berpikir positif, agar mudah mendapatkan rejeki.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Dewi Indriyani, mengatakan selama periode 2007-2014 UPK Gondangrejo telah mengelola dana program baik APBD maupun APBN melalui program sebesar Rp. 11,3 Miliar untuk kegiatan infrastruktur, pendidikan (pembangunan gedung TK dan PAUD), kegiatan Posyandu dan pelatihan serta kegiatan dana bergulir/simpan pinjam.

Dari kegiatan dana bergulir tersebut, UPK Gondangrejo mengelola sebesar Rp. 1,7 Miliar sebagai modal dana bergulir yang dipinjamkan ke masyarakat. Per tanggal  31 Juli 2017 telah menjadi Rp. 4,4 Miliar.

Dari hasil pengelolaan dana bergulir sejak tahun 2007 hingga sekarang, telah membagi sebagian hasil surplusnya untuk dana sosial dengan total dana sebesar Rp. 848 juta kepada 851 orang.

Bagi sembako untuk RTM 300 paket, kambing 386 ekor, Pugar warung dua unit, sarana MCK 83 unit, bak sampah enam unit, RTLH 52 unit, dan alat kerja 22 unit.(pd)