Malam Final Pemilihan Duta Wisata 2017

DISKOMINFO
Para Juara Duta Wisata berfoto bersama Bupati Karanganyar dan Dewan Juri pada Final Pemilihan Duta Wisata (30/8)

Karanganyar, Rabu  30 Agustus 2017

Bertempat di halaman Terminal Mbangun Makuthoromo Final Pemilihan Duta Wisata/ Putra Putri Lawu diselenggarakan secara megah dan meriah. Acara yang digelar tadi malam (30/8) ini dimeriahkan dnegan berbagai atraksi tarian, fashion show bahkan lantunan  suara Bupati dan Kapolres Karanganyar.

Acara ini terbilang sukses karena berhasil menarik minat para penonton yang memadati lokasi acara meskipun harus rela diterpa dinginnya angin malam demi mendukung jagoannya masing-masing.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Titis Sri Jawoto menyampaikan bahwa acara tahunan ini digelar untuk memajukan pariwisata Kabupaten Karanganyar. Ditambahkannya bahwa saat ini pariwisata semakin luas cakupannya karena harus menangani juga 16 sektor ekonomi kreatif di antaranya kerajinan, pertunjukan dan lain-lain.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menegaskan bahwa acara Final Pemilihan Duta Wisata/ Putra Putri Lawu 2017 tersebut diselenggarakan untuk mencari generasi muda yang peduli kepada dunia pariwisata dan mampu mempromosikannya ke dunia luar.

“Serasa belum sempurna hidup ini apabila belum menginjakkan kaki berwisata di Bumi Intanpari Karanganyar,” kata Juliyatmono.

“Inilah yang harus menjadi semboyan kita, semboyan para duta wisata, “tambah Juliyatmono.

Juri pada malam final itu diambil dari berbagai unsur yaitu dari praktisi dan akademisi    pariwisata. Mereka adalah Joko Suyanto, salah seorang dosen Sekolah Tinggi Pariwisata di Surakarta, Daryono Owner EO. Sinergi, Judith Aditya Sari salah seorang dosen dari Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret,  Jelly Marta Kusuma dari Ajeng Bridal serta Siti Khomsiyah Juliyatmono.

Untuk mendapatkan penilaian dari juri setiap finalis diwajibkan menjawab salah satu pertanyaan yang diambil sendiri secara acak. Pertanyaan  yang diberikan seputar dunia pariwisata seperti apakah itu MICE, Sapta Pesona, Sadar wisata, tempat atau objek wisata yang ada di Karanganyar seperti Candi Sukuh, Candi Cetho dan lain-lain.

Dari hasil penilaian juri ada beberapa kategori yang dijadikan acuan yaitu juara Putra Putri Intelegensia, Persahabatan,  Favorit, dan Fotogenic serta juara I,II dan III.

Setelah seluruh finali menjawab pertanyaan dari dewan juri, dewan juri berembug sebentar untuk memutuskan para pemenang. Dari hasil siding dewan juri para pemenang adalah Ahmad Amal Surya dari Kecamatan Tasikmadu dan Amanda Angger Amelia Dwifa Winarta dari Kecamatan Colomadu sebagai Putra Putri Intelegensia. Untuk pemenang Putra Putri Persahabatan adalah Guntur Lufianto Eka Saputro dari Kecamatan Karanganyar dan Bunga Widi Hapsari dari Kecamatan Jaten.

Sedangkan pemenang Putra Putri Favorit adalah Petra Manunggal dari Kecamatan Tasikmadu dan Latifatin Ulinnur dari Kecamatan Matesih. Gelar Putra Putri Fotogenic direbut oleh Rizky Adhika Noersetyo dari Kecamatan Karanganyar dan Dian Rizkita dari Kecamatan Colomadu.

Yang berhail meraih gelar Juara III, II dan I Putra Putri Lawu adalah berturut-turut Ahmad Alam Surya dari Kecamatan Tasikmadu dan Anastasia Verdilla dari Kecamatan Mojogedang (Juara III), Guntur Lufianto Eka Saputro dari Kecamatan Karanganyar dan Dian Rizkita dari Kecamatan Colomadu (Juara II) serta Halintar Cokro Padnobo dari Kecamatan Jaten dan Elvanya Purba Dita dari Kecamatan Colomadu (Juara I).

Halintar Cokro Padnobo berhasil meraih juara I setelah berhasil menjawab dengan meyakinkan dan memuaskan pertanyaan dewan juri mengenai Sapta Pesona. Sedangkan pertanyaan untuk Elvanya Purba Dita sehingga berhasil meraih juara I adalah mengenai batik yang diklaim Negara tetangga.

Para juara menerima penghargaan berupa trophy, dan piagam. Khusus untuk Juara I berhak maju ke Pemilihan Duta Wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Demikian Diskominfo (krs/adt)