Belajar LAYANGMAS, Pemkab Kudus Kunjungi Karanganyar

 

kominfo
Kepala Diskominfo Karanganyar Larmanto (seragam pramuka) saat menerima Kunjungan Pemkab Kudus diruang Sambernyawa, Senin Pagi (28/08)

Karanganyar – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Kudus dalam hal ini Dinas Kominfo Kudus dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Karanganyar di ruang Sambernyawa, komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Senin Pagi (28/08). Kepala Dinas Kominfo Karanganyar Larmanto menyambut langsung rombongan yang berjumlah sekitar 7 orang tersebut.

Dalam sambutan selamat datangnya, Larmanto mengatakan bahwa Diskominfo Karanganyar membangun Alap-Alap Smart System sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat terkait kebutuhan informasi yang harus disediakan dan mudah diakses.

Alap-Alap Smart System sebagai portal seluruh layanan yang ada di Pemkab Karanganyar terbentuk 2016 dimana didalam sistem tersebut banyak terdapat layanan dimana salah satunya adalah Layangmas yaitu aplikasi berbasis geospasial yang berisikan kondisi wilayah administrasi, potensi Industri Pertanian dan Pariwisata (Intanpari), Tata Ruang, Pertanahan, Demografi, Sumber Daya Alam, Infrastruktur, Fasilitas Umum, Keamanan, dan Peta Rawan Bencana.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Larmanto, cikal bakal Layangmas ini berawal dari Larasita (layanan pensertifikatan tanah) yang dulu berupa anjungan-anjungan offline di tahun 2012 dan diadopsi oleh BPN RI untuk diterapkan di BPN diseluruh Kabupaten Kota se Indonesia.

“Aplikasi Layangmas ini tiap tahunnya kami tingkatkan kemampuannya, baik dari segi informasi maupun program-program penunjang lainnya, hal ini kami lakukan demi kenyamanan pelayanan”, kata Larmanto

Sementara itu Ketua Rombongan Kabupaten Kudus, Asisten Pemerintahan Setda Kudus, Agus Budi Satrio melaporkan tujuan dari kunjungan adalah untuk belajar tentang Layangmas. Kabupaten Karanganyar lewat inovasi tersebut telah membuahkan prestasi yaitu sebagai Kabupaten dengan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahanan Daerah (EKPPD) Tahun 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2015, terbaik kedua nasional.

Diharapkan dengan menerapkan Layangmas tersebut di Kabupaten Kudus, akan diperoleh peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dimana tahun 2016 kemarin diperoleh PAD sebesar 270 milyar. Demikian Diskominfo (ad)