58 Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis

Sejumlah pasien katarak menunggu giliran untuk di operasi matanya.

Karanganyar, Senin (28/08/2017)

Pasien penderita penyakit mata katarak ikut operasi dan tidak dipungut biaya. Sebanyak 58 pasien itu ikut dalam kegiatan sosial yang diselenggarakan Pemkab Karanganyar, Pesatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Yogyakarta, dan Djarum Foundation.

“Sebenarnya kuota hanya 50 orang, namun yang mendaftar sampai 58 orang. Sosialisasi ini sudah satu bulan yang lalu, setelah itu di cek kesehatan lagi, layak apa tidak untuk dioperasi,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Karanganyar, Agam Bintoro.

Pelaksaan kegiatan sosial ini dilakukan di RSUD Karanganganyar, Minggu (27/08), pagi hingga selesai. Untuk satu pasien, operasi katarak bisa sampai 30 menit. Sebelum operasi, pasien harus melewati cek kesehatan terutama tekanan darah.

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Karanganyar, dr Wahyu Purwadi Rahmat, mengatakan alat di ditempat nya sudah canggih, dan pihaknya juga membantu Perdami.

Dia juga menjelaskan, operasi ini sudah usia lanjut. Berbeda dengan kasus anak-anak. Pada kesempatan itu, dia juga mengimbau agar kesadaran untuk tau jika ada indikasi terkena katarak lebih ditingkatkan.

“Di tahun ini yang ikut operasi ternyata juga banyak, lebih dari tahun lalu,” kata Direktur RSUD Karanganyar.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengatakan pasien jangan takut, agar tensi darah tidak naik. Jika naik bisa tidak jadi di operasi.

“Jika ternyata belum sembuh, bisa kembali lagi berobat disini, masih gratis. Rencananya bulan November mendatang bisa mengadakan operasi katarak menyambut Hari Jadi ke 100 Kabupaten Karanganyar,” kata Samsi.(pd)