Upacara HUT RI di Kabupaten Karanganyar Berlangsung Khidmat

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meletakkan bendera Merah Putih ke nampan pembawa bendera.

Karanganyar, Jumat (18/08/2017)

Upacara Pengibaran Bendera Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, di Kabupaten Karanganyar berlangsung khidmat dan meriah. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Jalannya upacara diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karanganyar, anggota DPRD, unsur pemerintahan, TNI, Polri, dan berbagai kalangan lainnya, Kamis (17/08) di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.

Paskibraka Kabupaten Karanganyar, bersiap menaikkan bendera.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka pun berjalan dengan baik dan lancar. Formasi pengibaran yang berjumlah tiga kelompok, terdiri kelompok 17, 8 dan 45 sukes menjalankan tugas mulia tersebut.

Bupati Karanganyar, saat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, hari  ini rasa  nasionalisme  dan  kebanggaan  kita  sebagai bangsa    Indonesia    makin    mengemuka    dan bergelora  di  dalam  dada.

“Kita  akan  selalu  ingat kepada   mereka   yang   telah   berjuang   untuk bangsa  ini  hingga  merdeka.  Kita  akan  selalu terkenang  akan  semangat  juang  para  pahlawan kusuma  bangsa. Dekat  sekali.  Sedekat  jantung kita,” katanya.

“Tugas  kita,  menjaga  api  semangat  juang ke-pahlawanan ini   agar   terus   menyala. Sejak revolusi  hingga  pasca  reformasi,  sejak  Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan  badai  yang  menghantam,”katanya.

Karena  ini  kekuatan  dan  jatidiri sejati  kita  sebagai  sebuah bangsa pejuang.   Bangsa   yang   tidak   pernah gentar  dan  pantang  surut  ke  belakang  menghadapi persoalan dan tantangan.

Di dalam rangkaian acara tersebut, ditampilkan drama kolosal Joko Songo. Menceritakan tentang perjuangan kepahlawanan para pemuda yang tergabung di Tentara Pelajar untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, khususnya di daerah Matesih Kabupaten Karanganyar, pada masa perang Kemerdekaan melawan tentara Belanda.

Pada sore harinya, Upacara penurunan bendera merah putih berjalan lancar. Sebagai Inspektur Upacara yakni Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Czi Santy Karsa Tarigan.

Ratusan pelajar tampil di serenade sebelum Upacara penurunan Bendera Merah Putih

Sebelum upacara dimulai, ratusan pelajar dari SMP Negeri 1,2,3,4,5 membawakan gerak dan lagu perjuangan dan daerah. Bahkan tamu Forkopimda beserta isteri ikut bergabung dengan mereka.

Pada malam sebelumnya, Rabu (16/08) telah dilangsungkan tirakatan di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, dan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Dharma Tunggal Bakti.(pd)