Drama Kolosal Joko Songo Meriahkan Upacara HUT RI ke-72

KOMINFO
Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan penghormatan saat pengibaran Bendera Merah Putih

Karanganyar, Jum’at 18 Agustus 2017

Upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 digelar di Alun Alun Kabupaten Karanganyar, Kamis (17/8/2017) kemarin. Dalam peringatan tersebut juga menampilkan drama kolosal Perjuangan Joko Songo yang menggambarkan gugurnya sembilan tentara pelajar dalam pertempuran dengan Belanda di wilayah Matesih.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-72 diikuti dari berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, ormas,  jajaran,  OPD, Forkopimda, Anggota DPRD dan TNI/Polri.

Sambutan Gubernur Jawa Tengah pada Upacara peringatan Setik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yang dibacakan Bupati Karanganyar menekankan menjaga NKRI sebagai sebuah harga mati dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa. Mengamalkan UUD 1945 dengan sebaik-baiknya, serta membela Pancasila dari setiap rongrongan yang dihadapi.Indonesia adalah bangsa yang besar, Indonesia adalah bangsa hebat yang terus menghebatkan diri dengan karya dan prestasi bersama. Rumangsa melu handarbeni, rumnagsa wajib hangrungkebi, mulat sarira hangrasa wani. Dan akhirnya bangga sebagai orang Indonesia yang cinta tanah air dan bersatu dalam persaudaraan untuk kejayaan bangsa.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada Larno, SPd, MM (Kepala SMPN 4 Karanganyar pada Disdikpora Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah),Widodo Sutomo, SP (Kabid Politik dan Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah), Dra. Sri Muji Wahyuti, M.Pd Kons (Guru SMAN Kerjo pada Disdikpora Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, Sukisni, S.Sos (Kasubbag Keuangan pada Badan Kesbangpol Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah).

KOMINFO
Pertunjukan drama kolosal Joko Songo di Alun-alun Karanganyar

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-72 ditutup dengan pertunjukkan drama kolosal  Joko Songo yang dimainkan para pelajar dari SMK negeri Ngargoyoso. Drama kolosal yang menceritakan perjuangan sembilan tentara pelajar melawan tentara Belanda di Matesih. Kesembilan  tentara pelajar itupun gugur di medan perang.

Demikian Diskominfo (Tim)