Bupati Karanganyar : Mari Kita Jaga dan Lestarikan Lingkungan

kominfo
salah satu bagian dari simulasi bencana yang diperagakan kemarin saat Gelar Apel Siaga Bencana, Selasa Sore (1/8)

Karanganyar, 01 Agustus 2017

Hal tersebut disampaikan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat Gelar Apel Siaga Bencana di Lapangan Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, Selasa Sore (01/08). Ratusan peserta apel siaga yang terdiri dari pilar-pilar sosial seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Tagana, Karang Taruna, LK3, PSM, Satgaskin, Pendamping KUBE dan warga masyarakat serta pelajar dengan khidmat mengikuti jalannya upacara. Tampak hadir dalam apel tersebut Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Perwakilan DPR RI Komisi VIII, Perwakilan Dinas Sosial Prop Jawa Tengah, Wakil Bupati Karanganyar, Anggota DPRD Karanganyar, Kepala OPD terkait dan Camat se-Kabupaten Karanganyar.

Dalam apel tersebut dibentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) Girimakmur Desa Girimulyo sekaligus dikukuhkan sebanyak 60 orang pengurus KSB. Adapun maksud dibentuknya KSB tersebut oleh Kemensos RI adalah sebagai perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana dengan menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada dilingkungan setempat.

Bupati Karanganyar Juliyatmono bertindak sebagai inspektur upacara menekankan pentingnya masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dewasa ini sebagian orang secara sadar merusak alam demi keuntungan pribadi, tentu ini akan membawa dampak bagi warga sekitar dengan ada bencana yang akan ditimbulkan.

“Alam disediakan untuk kita, mari kita rawat dengan baik, penanggulangan pertama bencana adalah tidak dengan merusaknya”, tegas Juliyatmono

KSB Girimakmur sebagai Kampung Siaga Bencana persiapkan diri dengan baik dan pemerintah siap memfasilitasi segala keperluan yang diperlukan demi kelancaran kegiatan KSB Girimakmur dan peningkatan kualitas pengurusnya.

Sementara itu, Adi Karyono Direktur Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemkab Karanganyar dan warga Girimulyo. Sinergitas yang ada di Girimulyo menunjukkan kepeduliannya yang luar biasa untuk penanggulangan bencana. Kondisi alam yang sulit diprediksi, tentu saja menyulitkan untuk dideteksi adanya bencana. Respon Bupati Karanganyar akan ancaman bencana yang mungkin terjadi didaerah patut diancungi jempol. Sebagai Pembina Tagana di Wilayah Karanganyar, kesigapan Bupati dalam merespon ancaman bencana, akan sangat menentukan dalam menanggulangi bencana.

Dikatakan lebih lanjut oleh Adi Karyono bahwa Kemensos RI sampai dengan tahun 2017 ini telah membentuk KSB sebanyak 498 diseluruh Indonesia.

Sebelum meninggalkan lokasi Apel Siaga, Bupati beserta tamu undangan disuguhi simulasi bencana dan diserahkan bantuan logistik oleh Pemkab Karanganyar kepada pengurus KSB Girimakmur antara lain : family kid, kid ware, matras, pel beed, tenda, logistik pangan, peralatan dapur umum, selimut dan tikar gulung. Demikian Diskominfo (adt/ad)