SURAT EDARAN PEDOMAN PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-72 KEMERDEKAAN RI DI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2017

SURAT EDARAN

NOMOR 003.3/4.547.1.7

TENTANG

PEDOMAN PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-72 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2017

Berdasarkan Surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor B-1623/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/06/2017 tanggal 8 Juni 2017
hal Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, kami sampaikan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 sebagai berikut :

A. TEMA DAN LOGO

  1. Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 adalah : “Indonesia Kerja Bersama”.
  2. Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 tersebut agar diperbanyak untuk disebarluaskan kepada masyarakat sampai di tingkat Desa/Kelurahan.

B. ACARA POKOK

Acara Pokok Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Rabu, 16 Agustus 2017
  • Pukul 09.00 WIB, mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada sidang Paripurna DPRD Tahun Sidang 2017 bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar;
  • Pukul 15.00 WIB, Pengukuhan Paskibraka bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar;
  • Pukul 22.00 WIB, malam Tirakatan bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar;
  • Pukul 24.00 WIB, Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Dharma Tunggal Bhakti Karanganyar.
  1. Kamis, 17 Agustus 2017
  • Pukul 08.00 WIB, Upacara Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
  • Pukul 15.00 WIB, Serenade dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Alun-alun Kabupaten
    Penyelenggaraan Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan  Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2017 berlaku ketentuan sebagai berikut :
  • Penyelenggaraan terpusat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar dan
    di Kecamatan, bertindak selaku Inspektur Upacara di Kabupaten adalah Bupati, sedangkan di Kecamatan adalah Camat setempat.
  • Khusus Kecamatan Karanganyar dan Kelurahan yang berada di Kecamatan Karanganyar agar mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
  • Sebelum mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 di Alun-alun Kabupaten Karanganyar semua Unit Kerja, Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah agar menyelenggarakan upacara di instansinya masing-masing.
  1. Kamis, 24 Agustus 2017

Pukul 19.00 WIB, malam resepsi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun
Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

C. ACARA PENUNJANG

  1. Tanggal 23 Juli 2017 – 7 Agustus 2017, diselenggarakan Kegiatan “Gala Desa” dalam rangka menggerakkan semangat olahraga masyarakat Kabupaten Karanganyar. Pembukaan kegiatan “Gala Desa” bertempat di Lapangan Desa Khoripan Kecamatan Matesih dan penutupan kegiatan bertempat di GOR RM. Said. Adapun cabang olahraga yang dilombakan adalah sepak bola, bola voli, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis, dan atletik.
  2. Rabu, 9 Agustus 2017, kunjungan anjangsana ke keluarga perintis kemerdekaan di Kabupaten Karanganyar.
  3. Jumat, 18 Agustus 2017 diselenggarakan “Karnaval Jalan Kaki Kreativitas Kecamatan” bertempat di tiap-tiap Kecamatan.
  4. Minggu, 20 Agustus 2017 diselenggarakan “Karnaval Jalan Kaki Kreativitas Kabupaten” yang diikuti oleh semua Perangkat Daerah, Kelurahan, BUMN/BUMD, dan perusahaan di wilayah Kabupaten Karanganyar dengan rute dari Alun-alun sampai dengan Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar.
  5. Senin, 21 Agustus 2017 diselenggarakan malam hiburan “Lawu Fair”
    bertempat di:
  • Terminal Tegalgede, yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan dengan menampilkan Wayang Kampung Sebelah;
  • Terminal Papahan, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan menampilkan band-band pelajar;
  • Plasa Alun-alun Kabupaten Karanganyar, yang diselenggarakan oleh BUMN/BUMD.
  1. Seluruh Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, Desa/Kelurahan, dan Instansi/ Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar diminta untuk melaksanakan gerakan kebersihan lingkungan dan menyelenggarakan kegiatan lomba-lomba dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Karanganyar Tahun 201 Pelaksanaan penyelenggaraan hiburan, perlombaan dan lain-lain harap berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat agar dalam pelaksanaannya berlangsung lancar, tertib dan aman.

D. PEMASANGAN BENDERA DAN UMBUL-UMBUL.

  1. Sesuai ketentuan Pasal 7 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24
    Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara
    Nomor B.545/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2017 tanggal 15 Juni 2017
    Hal Pertisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan agar semua warga masyarakat, instansi pemerintah, sekolah maupun lembaga swasta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan memasang umbul-umbul merah putih mulai tanggal 1 s.d 31 Agustus 2017 di depan kantor, sekolah, perusahaan, balai desa/kelurahan, sepanjang jalan lawu, jalan desa serta tempat-tempat lainnya yang dipandang strategis. Berkenaan dengan hal ini Kepala Desa/Lurah agar menyebarluaskan kepada semua warga serta memantau pelaksanaannya.
  2. Guna menanamkan semangat proklamasi dan jiwa nasionalisme, maka mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2017 seluruh PNS, pegawai BUMN/BUMD dan perangkat desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar diwajibkan memakai lencana/pin bendera merah putih dipasang pada pakaian di dada sebelah kiri sesuai ketentuan Pasal 23 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

E. SOSIALISASI
Pelaksanaan Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 dapat berjalan dengan maksimal dan diikuti oleh seluruh lapisan
masyarakat Kabupaten Karanganyar, maka Pedoman Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 ini agar disebarluaskan. dan dimonitor pelaksanaannya, oleh karena itu kami minta kepada :

  1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar menyebarluaskan dan memonitor pelaksanaannya sampai ke sekolah-sekolah.
  2. Para Camat agar menyebarluaskan dan memonitor pelaksanaan dengan tertib  serta melaporkan rencana kegiatan pelaksanaan di wilayah masing-masing sampai ke Desa/Kelurahan, selanjutnya Kepada Kepala Desa/Kelurahan menyebarluaskan sampai ke RT/RW dan semua warga.
  3. Kepala Dinas Kesehatan agar menyebarluaskan ke seluruh Puskesmas.
    Selain itu, tim kesehatan/P3K diminta untuk siap di setiap rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.
  4. Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah agar menyebarluaskan ke semua perusahaan/industri di Kabupaten Karanganyar.
  5. Ketua Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Kabupaten Karanganyar agar menyebarluaskan ke semua Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar.
  6. Dinas Komunikasi dan Informatika agar :
  • Mengkoordinasikan semua stasiun radio non RRI untuk menyiarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2017 pada pukul : 09.00 WIB;
  • Menganjurkan kepada masyarakat untuk mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia tersebut baik melalui Radio atau TV di masing-masing keluarga atau tempat-tempat umum;
  • Mensosialisasikan jadwal dan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 lewat berbagai media.

Demikian surat edaran ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dan menjadikan perhatian.

 

a.n. BUPATI KARANGANYAR
SEKRETARIS  DAERAH
Selaku
Ketua Umum Panitia Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017

ttd

Drs. SAMSI, M.Si
Pembina Utama Madya
NIP. 19581207 198503 1 010

Download Pedoman HUT RI 72

Download Logo HUT RI ke 72 Corel Draw