Kunjungan Kerja BPBD Provinsi Aceh Ke Kabupaten Karanganyar.

kominfo
Kepala BPBD Karanganyar Samsi (Tengah Baju Putih) didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar Bambang Jatmiko (Ujung Baju Putih) saat menerima BPBD Prov. Aceh di Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Karanganyar, 26 Juli 2017

BPBD Provinsi Aceh mengadakan study banding di Kabupaten Karanganyar. Peserta kunjungan kerja di sambut langsung oleh Setda sekaligus Kepala BPBD Kabupaten Karanganyar Samsi di Ruang Anthorium Rumah Dinas Bupati Karangnayar, Rabu siang (26/7).

Setda Karanganyar yang juga sekaligus Kepala BPBD Karanganyar samsi dalam sambutannya menyampaikan program-program yang dilakukan BPBD Karanganyar selama ini dalam menanggulangi bencana. Lebih lanjut dikatakan untuk wilayah eks Karesidenan Surakarta sudah ada Integrasi Unit Emergency yang diharapkan dapat mempercepat proses pengambilan tindakan. Di lingkup Pemkab Karanganyar sendiri telah terbentuk jejaring dengan relawan-relawan didaerah, sebanyak 1474 relawan dari 30 Ormas siap membantu kinerja BPBD Karanganyar dalam menangkap gejala yang ada didaerah dan dilaporkan setiap hari ke markas BPBD Karanganyar.

“Keberhasilan kinerja BPBD Karanganyar selama ini tidak lepas dari partisipasi dan kesadaran yang tinggi akan adanya bencana oleh masyarakat”, ujar Samsi

Sementara itu Kepala BPBD Aceh Besar selaku pimpinan rombongan Ridwan Jamil menyampaikan bahwa Kunker kali ini bertujuan untuk bertukar ilmu khususnya tentang penanganan bencana. Menurutnya Propinsi Jateng yang mempunyai berbagai macam jenis bencana (supermarket bencana), menjadikan BPBD yang ada di Aceh perlu belajar dari Karanganyar dalam menangani bencana terutama bencana tanah longsor.

“Bencana itu bersifat lintas batas, tujuan BPBD adalah membantu seluruh korban bencana,” tutur Ridwan Jamil.

Study Banding ini diikuti oleh 8 BPBD kabupaten se-Provinsi Aceh. Demikian Diskominfo (yoga/ad)