Gelombang I Calon Haji Siap Berangkat

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat mengalungkan syal kepada Calon Haji Kabupaten Karanganyar, didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo.

Karanganyar, Rabu (26/07/2017)

Gelombang I Calon Haji dari Kabupaten Karanganyar siap berangkat untuk melaksanakan ibadah haji. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, termasuk dengan pengurusan visa.

“Untuk visa gelombang I, kloter 21 sudah selesai. Diberikan saat di Asrama Haji Donohudan,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Museri, Rabu (26/07) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Calon Haji Karanganyar juga sudah mengikuti praktik manasik haji di sejumlah tempat di Kabupaten Karanganyar, dimulai sejak pukul 07.00 sampai siang, Rabu (12/07). Sebelumnya, selama dua hari, Senin-Selasa (10-11/07) diberikan bimbingan haji, di Gedung Wanita Karanganyar.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh menjelaskan nantinya yang diberangkat dari Kabupaten Karanganyar sejumlah 566 Calon Haji (dari jumlah awal 567 orang). Terbagi pada Kloter 21 sebanyak 355 orang, kloter 77 sebanyak 189 orang, tergabung dengan Kabupaten Kendal.

“Kloter 77 awalnya sebanyak 190 orang, tetapi beberapa hari lalu ada yang meninggal dunia satu orang, alamat Ngringgo, Kecamatan Jaten. Kemudian untuk Kloter 78 sebanyak 22 orang,  tergabung dengan Kabupaten Boyolali,” katanya.

Untuk jadwal pemberangkatan, Kloter 21 berangkat pada 2 Agustus 2017, jam 13.00 sudah masuk asrama haji Donohudan, kloter 77 berangkat (19/8) jam 5 sore masuk Donohudan, dan kloter 78 pada (20/8) jam 7 pagi masuk ke asrama haji.

Ditempat yang sama, di acara Pamitan Calon Haji Kabupaten Karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

“Jaga guyub rukun kebersamaan dan dapat kembali lagi ke Kabupaten Karanganyar utuh jumlahnya dan sehat semua,” kata Bupati Juliyatmono.

Bupati juga mengimbau kepada Calon haji agar tidak perlu berpikir keluarga terlalu dalam, sebaiknya fokus beribadah dengan khusyuk.

“Ada Camat, Lurah, Kades, RW dan RT. Keluarga bapak-ibu dapat dipantau olehnya,” kata Bupati.

Dia juga mengimbau yang perlu diperhatikan ibadah haji tahun ini yakni suhu di Tanah Suci yang sangat panas, lebih dari Kabupaten Karanganyar.

“Yang terpenting jaga kesiapan fisik, dan jaga cairan tubuh jangan sampai dehidrasi dengan minum cukup,” katanya.( pd)