Gala Desa: Upaya Meningkatkan Kebugaran

kominfo
Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar bersama Asdep dari Kementrian Pemoda dan Olahraga serta  Jajaran Forkompinda saat membuka Turnamen Gala Desa

Karanganyar, Minggu 23 Juli 2017

Menurut data, kebugaran masyarakat Indonesia kurang memuaskan. Menyikapi hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan pogram unggulan “Ayo Olahraga” yang dikemas dengan kegiatan Gala Desa, Gowes Pesona Nusantara, dan lain-lain.

Untuk Kabupaten Karanganyar, Gala Desa diadakan di lapangan Desa Koripan Kecamatan Matesih pada Minggu sore, 23 Juli 2017. Acara yang bersifat nasional ini dihadiri perwakilan dari  Kementrian Pemuda dan Olahraga, Teguh Raharja, Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, para Kepala OPD,  Komandan Kodim dan perwakilan dari Polres Karanganyar. Acara yang dikemas dengan luar biasa ini dimeriahkan dengan penampilan Reog yang didatangkan dari Tawangmangu. Bahkan kehadiran tamu undangan disambut dengan pertunjukan Drum Band dari siswa-siswi SDN Koripan 1 Matesih.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Titis Sri Jawoto menyampaikan bahwa program Gala Desa ini merupakan program Kementrian Pemuda dan Olahraga bersinergi dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Di Kabupaten Karanganyar pelaksanaan Turnamen Gala Desa  mengambil sasaran 6 cabang olahraga yaitu sepakbola yang dipusatkan di Lapangan Koripan Matesih, sepak takraw dipusatkan di Desa Jati Jaten, bulutangkis di Kwangsan, Jumapolo, tenis meja di Kelurahan Bejen Karanganyar dan atletik di Kelurahan Karanganyar.

Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya, Teguh Raharjo menyampaikan bahwa program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga yaitu “Ayo Olahraga” dimaksudkan untuk meningkatkan kebugaran masyarakat Indonesia. Acara ini digelar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dimulai dari bulan Mei dan akan berakhir pada 9 September 2017 bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional yang akan dipusatkan di Jawa Tengah yaitu di Kabupaten Magelang. Puncak acara Hari Olahraga Nasional itu nantinya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

“Saya sangat mengapresiasi gelaran “Gala Desa” di Kabupaten Karanganyar ini. Sungguh luar biasa. Akan saya laporkan ke Kementrian”, kata Teguh Raharjo.

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar, Juliyatmono sangat mengapresiasi partisipasi semua pihak yang telah terlibat dalam acara Pembukaan Turnamen Gala Desa tersebut.

“Terima kasih atas partisipasinya ikut mensukseskan Porgram Menpora ini yang tentunya juga merupakan amanat Presiden. Betapa pentingnya membangun diri melalui kebugaran. Melalui Gala Desa yang langsung dihandle oleh Kemenpora ini Karanganyar menyambut baik. Bahkan di Karanganyar sudah ada program “Jumat Olahraga”.  Saya minta semua bergerak supaya sehat, bugar. “ tutur Juliyatmono.

Di akhir sambutannya Bupati membuka acara Turmanen Gala Desa tersebut dengan melepaskan balon dengan didampingi Wakil Bupati, Teguh Raharjo (Asdep dari Kementrian), Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Karanganyar.

Kegiatan pembukaan Gala Desa ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karanganyar yaitu dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Persinas ASAD, IKSPI Kera Sakti, Merpati Putih, Perguruan Silat Hasta Manunggal, Persaudaraan Setia Hati Winongo yang kesemuanya berjumlah 350 orang.    Demikian Diskominfo (krs)