Pemkab Karanganyar Kelola Tiga Kawasan Wisata

Penandatanganan antara Eka M Ruskanda (KKPH Perum Perhutani KPH Surakarta) (tengah) dan Titis Sri Jawoto (Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar) (kanan), di saksikan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo (kiri)

Karanganyar, Sabtu (22/07/2017)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai awal bulan Agustus tahun 2017 mengelola dan melestarikan hutan tiga kawasan wisata alam di lereng Gunung Lawu, yakni Sekipan, Pringondani, dan Puncak Lawu (Cemoro Kandang, Cetho dan Sukuh).

Pengelolaan dan pelestarian hutan itu diserahkan dari Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perum Perhutani Surakarta kepada Pemkab Karanganyar, dalam hal ini Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Serahterima pengelolaan itu dilakukan di Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Jumat (21/07), ditandai dengan penandatanganan antara Eka M Ruskanda (KKPH Perum Perhutani KPH Surakarta) dan Titis Sri Jawoto (Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar), di saksikan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo.

Di salah satu butir Berita Acara Serah Terima, menyebutkan disamping luas tanah yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) di tahun 2016, juga aset yang ada diatasnya, dan jenis jumlahnya.

Titis Sri Jawoto, mengatakan mulai 1 Agustus 2017 pengelolaan sepenuhnya oleh Pemkab Karanganyar tentu bersinergi dengan Perum Perhutani, karena batas secara fisik belum ada, namun batas dan luas telah disepakati.

“Yang paling kami tekankan, kami tetap pegang etika. Siapapun yang telah bekerja di pengelola lama tetap di sinergikan dengan kami, jadi jangan kuatir,” katanya.

Ditempat yang sama, Eka M Ruskanda, mengatakan nanti di perinci lagi termasuk aset-aset, batas-batas fisik, dan petak berapa saja yang masuk dalam pengelolaan.

“Tradisinya di kelola oleh kami, akan diserahkan. Tim bersama akan merinci lagi batas-batasnya, awal Agustus tahun ini sudah selesai,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, dengan pengelolaan oleh Pemkab Karanganyar dibuat lebih baik, seperti perbaikan jalan dan gapura masuk  menuju Sekipan juga akan dibuat lebih baik.

“Nantinya tempat disini akan dibuat semakin menarik. Kami juga optimis tingkat kunjungan semakin banyak, apalagi disekitarnya sudah ada tempat rekreasi,”kata Rohadi Widodo.

“Saya contohkan, bisa dibuat rumah pohon, lokasi yang menarik bisa untuk foto selfi , dengan begitu pengunjung semakin banyak,” katanya. (pd)