Lomba Desa Tingkat Nasional, Karanglo Unggulkan Kampung Matematika

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan pada Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2017, di gedung pertemuan Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu.

Karanganyar, Sabtu (22/07/2017)

Karanglo, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar optimis dapat memenangi Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2017. Hal tersebut dapat terdlihat dari kesiapan, dan berbagai faktor unggulan yang dimiliki, seperti adanya Kampung Matematika.

Dalam paparan dihadapan Tim Klarifikasi Lapangan, yang di Ketuai Raden Gani Muhammad, Kepala Desa Karanglo, Parjo, Jumat (21/07), di gedung pertemuan desa tersebut, menjelaskan terdapat tujuh kelompok belajar, dengan jumlah siswa 336 orang, dan relawan 63 orang.

“Di tempat kami, siswa-siswi yang belajar selama 6 hari seminggu. Waktunya antara jam 15.30-17.00 WIB,” kata Parjo.

Dengan ada Kampung Matematika itu, semangat belajar dan prestasi siswa jadi meningkat, dari rata-rata 80,1di tahun 2015, terjadi peningkatan nilai menjadi 90,2 di tahun 2016.

“Dukungan dari masyarakat disini juga sangat baik. Pembentukannya dari Pemerintah Desa Karanglo, Lembaga Desa dan tokok masyarakat,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Klarifikasi, mengatakan Desa Karanglo sudah lolos seleksi administrasi, masuk dalam 5 besar Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Setelah itu diambil tiga besar sebagai pemenang.

“Prioritas kami bagaimana upaya-upaya di Pemerintah Desa memberikan pelayanan kepada masyarakat, disamping itu produk-produk unggulan yang dimilikinya. Saya berharap potensi-potensi yang ada dapat didayagunakan,” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kehidupan gotong royong dan guyup rukun di Desa Karanglo sangat baik, tanpa ada gesekan, pendidikan dan potensi-potensi yang ada disini membuat optimis memenangi juara nasional.

“Adanya Kampung Matematika ini mencerdaskan anak-anak didik disini. Cara pembelajaran pun juga dibuat menarik, sehingga tidak menakutkan bagi mereka,” kata Bupati.

Harapan menang juara satu tingkat Nasional menjadi kado spesial Kabupaten Karanganyar ditahun ini yang genap berusia 100 tahun, di bulan November mendatang. (pd)