59 Jip Jelajah Pesona Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono beserta isteri (urutan pertama) dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo dan isteri (urutan kedua) saat melintasi kawasan kebun teh Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. di acara Jelajah Pesona Karanganyar.

Karanganyar, Jumat (14/07/2017)

Deru suara mesin dari puluhan mobil penggerak roda empat (4 WD) memecah keheningan di pagi buta, di Edupark, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu. Mereka berkumpul dan menjelajah berbagai tempat-tempat wisata di Kabupaten Karanganyar, Jumat (14/07) pagi.

Berbagai jenis 59 mobil itu mulai bergerak pelan menuju tujuan pertama, yakni Kebon Jambu, masih di desa yang sama dengan jarak sekitar 400 meter dari titik pemberangkatan, untuk melihat matahari terbit.

Tampak juga Bupati Karanganyar Juliyatmono dan isteri, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo beserta isteri, berada di urutan depan. Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar bahkan menyetir sendiri mobil yang dikendarai, uniknya yang dikemudikan adalah jenis American Jeep, setir di sebelah kiri.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Bendungan Gondang, Kecamatan Kerjo. Disana, peserta melewati medan yang menarik. Melewati aliran sungai, jalan berdebu, naik turun dan berbatu. Selanjutnya menuju Kawasan Kebun Teh Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. Ditempat yang sejuk itu disuguhkan teh hangat khas Kemuning.

Menariknya lagi, rombongan juga menyaksikan paralayang. Di kawasan Kemuning memang ada tempat latihan paralayang bagi atlet-atlet, bahkan pernah menjadi tempat lomba kejuaraan nasional.

Setelah istirahat beberapa saat, perjalanan mulai dilanjutkan melalui Kawasan Air Terjung Jumog, lantas menuju Terminal Wisata Bangunmakhutoromo Karangpandan, dan selesai di Edupark lagi.

Ketua Jelajah Pesona Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan rute yang ditempuh menghindari jalur ekstrem dan memilih medan aman. Sepanjang perjalanan pun kecepatan maksimal 30 kilometer/jam, dengan jarak tempuh 71 kilometer.

“Pesertanya sendiri dari PNS Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Karanganyar, dan komunitas. Jelajah pesona ini peserta bisa lebih banyak menikmati alam,” kata Titis yang juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar.

Sejumlah komunitas mobil ikut meramaikan, seperti American Jeep, 15 (inch) Land Cruiser Wheels, Taft Diesel Indonesia (TDI), Katana Owners Club (KOC), dan sebagainya.

“Tadi kami jalan santai, jalur juga aman. Jadi tidak banyak kendala di perjalanan. Hanya mengandalkan kekuatan mesin,” kata Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, saat istirahat di Terminal Bangunmakhutoromo.