567 Calon Haji Karanganyar Ikuti Manasik

Calon Haji Kabupaten Karanganyar mengikuti bimbingan haji di Edupark.

Karanganyar, Rabu (12/07/2017)

Calon Haji Karanganyar mulai mengikuti praktik manasik haji di sejumlah tempat di Kabupaten Karanganyar, dimulai sejak pukul 07.00 sampai siang, Rabu (12/07). Sebelumnya, selama dua hari, Senin-Selasa (10-11/07) diberikan bimbingan haji, di Gedung Wanita Karanganyar. Secara keseluruhan, manasik tingkat Kabupaten diberikan oleh Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.

Manasik haji dimulai dari Taman Dirgantara Edupark, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu. Ditempat itu, calon haji praktek saat menaiki tangga pesawat terbang dengan tertib. Kemudian, saat di dalam dijelaskan penggunaan sabuk keselamatan, tayamum di pesawat. dan doa sebelum pesawat berangkat. Tak hanya itu saja, juga dipraktekkan saat sampai tujuan, saat turun dari pesawat.

Sedangkan untuk Sai, padang Arafah, Muzdalifah, Mina, Jamarat, Thowaf Ifadhah dan Thowaf Wada dilakukan di kawasan Masjid Agung Karanganyar.

Saat dijumpai di Edupark, Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Museri, mengatakan jumlah jamaah haji Kabupaten Karanganyar tahun 2017, yang berangkat sebanyak 567 jamaah termasuk Tim Pemantau Haji Daerah (TPHD) dan terbagi dalam tiga kloter.

“Kloter 21 berangkat pada 2 Agustus 2017, jam 13.00 sudah masuk asrama haji Donohudan, kloter 77 berangkat (19/8) jam 5 sore masuk Donohudan, dan kloter 78 pada (20/8) jam 7 pagi masuk ke asrama haji,” kata Museri.

Sedangkan tiga kloter yang berangkat pada tahun ini, setiap kloter sejumlah  355 jamaah untuk kloter 21,  kloter 77 sebanyak 190 jamaah, dan kloter 78 sebanyak 22 jamaah.

Calon Haji Kabupaten Karanganyar, jelas Museri, terdapat empat orang yang tidak boleh berangkat ke Tanah Suci, dikarenakan alasan kesehatan. Terdiri dari 2 orang (tidak suami isteri), dan 2 suami isteri.

Dia juga mengimbau yang perlu diperhatikan ibadah haji tahun ini yakni suhu di Tanah Suci diperkirakan diatas 40 derajat celcius bisa 54 derajat celcius. Lebih dua kalinya di Kabupaten Karanganyar.

“Calon Haji tidak perlu takut, yang terpenting jaga kesiapan fisik, dan jaga cairan tubuh jangan sampai dehidrasi dengan minum cukup,” katanya.(pd)