25 Kelompok Ternak Sapi Terima Bantuan Hibah

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, menyerahkan bantuan kepada salah satu kelompok ternak.

Karanganyar, Rabu (05/07/2017)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memberikan bantuan hibah kepada 25 kelompok ternak sapi yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar.

“Tahap I ini kita berikan bantuan hibah kepada 25 kelompok ternak. Besaran bantuan berbeda-beda sesuai ajuan, sekitar Rp. 50 juta sampai Rp. 100 juta, dan total dana dari APBD Kabupaten Karanganyar, Rp. 1,9 Miliar,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Sumijarto.

Pemberian bantuan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Rabu (05/07), di Aula Bank Jateng Cabang Karanganyar.

Kelompok ternak yang menerima bantuan disyaratkan membuat rekening bank, kemudian dana disalurkan melalui rekening itu. Sesuai aturan tidak boleh cash.

“Sebenarnya, pemberian tahap I ini diberikan sejumlah 26 kelompok ternak, namun ada satu yang tidak membuat rekening bank, sehingga ditunda kepadanya,” kata Sumijarto.

Lebih lanjut, Sumijarto, mengatakan pihaknya punya kewajiban menyalurkan untuk 142 kelompok di Kabupaten Karanganyar. Dari hasil verifikasi yang sudah memenuhi syarat untuk tahap I sebanyak 25 kelompok, tahap selanjutnya yang sudah lolos ada 13 kelompok. Dana APBD Kabupaten Karanganyar yang akan diberikan total anggaran tahun 2017 sebesar  Rp. 7,2 Miliar.

“Dari hasil pengecekan itu, ternyata ada yang tinggal di Karanganyar namun KTP Surakarta sehingga terpaksa ditunda, sampai memenuhi syarat yang ditentukan,” katanya.

Ke 25 penerima itu antara lain di Kecamatan Jaten 2, Karanganyar 2, Karangpandan 2, Mojogedang 2, Tasikmadu 3, Jatiyoso 5, Jenawi 5,  Kerjo, Ngargoyoso,  Jumapolo, dan Jatipuro masing-masing 1 kelompok.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo mengatakan, sesuai ketentuan yang ada syarat penerima harus berbadan hukum dan melewati rekening. Jika tidak lewat rekening tidak diberikan.

“Tidak ada potongan sama sekali, utuh 100 persen. Setelah ini bisa belikan sapi sesuai proposal ajuan, tidak boleh untuk yang lain. Silahkan dipelihara. Sapi yang dibeli nanti diberi tanda khusus,” kata Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo.

Wabup juga mengimbau, sapi-sapi itu silahkan dikelola yang baik, bisa ditempatkan dipenanggung jawab atau menjadi satu di kandang komunal. Dengan bantuan jika Rp. 50 juta bisa dibelikan 3-4 sapi.

“Ada manfaatnya juga jika di kandang komunal, kotorannya bisa di manfaatkan untuk bio gas seperti di Gondangrejo itu,” katanya.(pd)