Pemkab dan BAZNAS Karanganyar Berikan Bantuan

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima beras zakat dari panitia (kanan) untuk diberikan kepada Ketua BAZNAS Karanganyar, Sugiarso (kiri), untuk didistribusikan.

Karanganyar, Kamis (22/06/2017)

Memasuki lebaran tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan BAZNAS Karanganyar memberikan bantuan kepada warga kurang mampu di Kabupaten Karanganyar, Kamis (22/06) pagi.

Tahun ini dari Pemkab Karanganyar memberikan bantuan berupa paket sembako kepada penarik becak, ojek dan fakir miskin. Paket sembako itu berupa beras sebanyak 2,5  kilogram, minyak goreng sebanyak satu liter, gula pasir satu kilogram, teh dua bungkus, mie instan empat bungkus dan uang.

“Kami memberikan paket sembako untuk Kecamatan Karanganyar sebanyak 360 paket, Kecamatan Tasikmadu 170 paket, dan Kecamatan Jaten 380 paket,” kata Kepala Bagian Perekonomian, Budi Supriono.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo memberikan secara simbolis di halaman Kecamatan Karanganyar dan di kampung Tegalwinangun, Kamis (22/06) pagi.

Selain itu, BAZNAS Karanganyar juga mendistribusikan zakat fitrah kepada penerima sesuai ajuan dari takmir masjid. Dibandingkan dengan tahun lalu (2016) ternyata ada penurunan.

“Tahun 2016 sebanyak 24 ton. Tahun 2017 ini sebanyak 22,1 ton. Ada penerurunan. Karena itu kami akan adakan kajian kenapa terjadi penurunan,” kata pengurus BAZNAS Karanganyar, Iskandar, Kamis (22/06) di Masjid Agung Karanganyar.

Iskandar menjelaskan lebih lanjut, pembayar zakat fitrah sebanyak 8.409 orang. Sebagian besar PNS. Ada kelompok masyarakat namun jumlah kecil. Distribusi beras tahun ini sebanyak 21,5 ton diberikan kepada pemohon dari warga melalui takmir masjid yang diketahui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan.

“Kami mendistribusikan untuk 4.300 orang pemohon. Untuk 6 panti sudah didistribusikan kwintalan,” katanya.

Adapun mekanisme dari panitia tingkat kabupaten diberikan ke KUA tingkat kecamatan, besok pagi (Jumat) takmir di tingkat desa mengambilnya sesuai nama-nama yang usulkan. Sabtu (24/06) takmir masjid akan mengantarkan beras sampai ke alamat penerima.

Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menjelaskan seluruh zakat fitrah ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan meminta distribusi dipastikan sampai yang berhak sebelum shalat idul fitri.

“Kita berlomba-lomba gemar berzakat, sedekah, agar membantu kesusahan warga. Ternyata masih banyak orang yang susah. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat luas,” katanya.(pd)