Pasar Murah Jelang Lebaran Diserbu Warga

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat melayani pembeli di pasar murah.

Karanganyar, Rabu (21/06/2017)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menjelang lebaran tahun 2017 mengadakan pasar murah untuk warga kurang mampu, Rabu (21/06) di Gedung Wanita Karanganyar.

Sejak pagi, ratusan warga sudah mengantri mengambil kupon yang dibagikan. Untuk 2 kilogram gula pasir, dihargai Rp. 20 ribu, 5 kilogram beras seharga Rp. 35 ribu, satu bungkus minyak goreng Rp. 10 ribu. Adapula sirup, mi instan, buah dan sayur segar, roti kemasan, teh, bumbu dapur, daging, dijual dengan harga terjangkau.

Setiap tahun, Pemkab Karanganyar mengadakan pasar murah di 17 Kecamatan. Namun di tahun ini untuk Kecamatan Karanganyar diadakan di dua tempat, yakni di Kantor Kelurahan Delingan dan di Gedung Wanita.

“Pasar murah ini untuk warga yang kurang mampu dan meringankan mereka. Selain itu untuk penangulangan inflasi daerah,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Pemkab Karanganyar, Budi Supriono.

Yang menarik, lanjut Budi, di beberapa kecamatan komoditas beras tidak begitu diminati. Ini bisa jadi ketersediaan beras berlebih, juga bersamaan pencairan rastra pada bulan Mei-Juni, di cairkan pada bulan Juni, dan juga pas masa panen.

Ditempat itu, Bupati juga berkeliling mendatangi setiap stan dan berdialog dengan warga yang berjubel mengantri membeli kebutuhan pokok.

“Sebentar lagi lebaran. Yang dibeli hari ini jangan dulu dimasak. Dimasak malam takbiran saja. Biar irit dulu,”  kata Bupati.

Tampak juga, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, membantu menjualkan teh dan minyak goreng. Warga pun terlihat senang karena dilayaninya. (pd)