Ribuan Umat Islam Ikuti Tarawih Akbar

Sekitar 7000 jamaah mengikuti shalat Isya  dilanjutkan shalat tarawih, dan shalat witir, dirangkai Peringatan Nuzulul Quran.

Karanganyar, Selasa (20/06/2017)

Ribuan umat Islam Kabupaten Karanganyar mengikuti tarawih akbar dan  peringatan Nuzulul Quran, Senin (20/07) malam,  dengan menghadirkan Ustadz Yusuf Mansur sebagai khatib.

Sejak pukul 18.30 WIB, umat Islam mulai memasuki Alun-alun Kabupaten Karanganyar, sebagai tempat acara, membentuk shaf shalat, sambil menunggu acara dimulai.

Adzan pun berkumandang, lantas sekitar 7000 jamaah bersiap untuk mengikuti shalat Isya dan dilanjutkan shalat tarawih, dan shalat witir.

Usai shalat witir, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan secara simbolis kepada penghafal Al Quran dan Pemenang Pawai Ta’aruf.

Pada malam itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Waki Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo dan beberapa Forkopimda Kabupaten Karanganyar tampak hadir.

“Kebersamaan ini sebagai upaya meningkatkan kerukunan sesama umat Islam. Tinggalkan jauh-jauh perselisihan karena seluruh umat Islam mempunyai tujuan yang sama, yakni meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Bupati juga berharap, melalui kerukunan antar umat beragama bisa tumbuh dengan baik. Hasilnya, Kabupaten Karanganyar pernah mendapat penghargaan dari Menteri Agama RI atas Partisipasi Aktif dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama.

“Umat Islam harus memiliki upaya yang sungguh-sungguh, bekerja sekeras mungkin, untuk menjaga Indonesia ini lebih baik,” kata Bupati Karanganyar.

Bupati juga bangga, malam itu terasa sangat mulia, menyenangkan, dan mengharapkan jika suasana seperti ini terus ditumbuhkan di desa-desa. Jangan sampai timbul perselisihan.

“Apalah artinya kalau kerukunan terkoyak oleh pemikiran yang tidak baik, apalah artinya kita ingin memajukan Kabupaten Karanganyar, tapi diisi dengan pertengkaran, perselisihan justru membuat kemunduran dan tidak bermanfaat,” katanya.

Dia juga meminta agar warga Karanganyar untuk saling membantu dan berbuat lebih baik demi Kabupaten Karanganyar.

Ditempat yang sama, Ustadz Yusuf Mansur, mengajak untuk selalu membaca Al Quran, memahami artinya.(pd)