Terminal mBangun Makuthoromo Jadi Titik Nol Pariwisata

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, saat melihat kios di Terminal Wisata mBangun Makhutoromo Karangpandan.

Karanganyar, Senin (19/06/2017)

Terminal Wisata mBangun Makuthoromo Karangpandan, dijadikan titik nol pariwisata Kabupaten Karanganyar, karena sebagai tempat transit wisatawan yang akan menuju ke berbagai lokasi wisata.

“Wisatawan dapat diarahkan ke objek wisata, bisa ke arah Tawangmangu, Ngargoyoso dan Giri Bangun. Semua orang yang menikmati wisata bisa kumpul di sini. Bis wisata dan mobil pribadi masuk transit di terminal wisata,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Untuk menarik wisatawan, Pemkab Karanganyar telah menggandeng sejumlah pihak ketiga untuk mengisi kios-kios yang ada di terminal itu. Ada kios suvenir, produk kaos lokal, batik, makanan ringan, kesehatan, buah dan sayur, dan bahkan terdapat cafe kopi. Selain itu, wisatawan dapat menikmati berbagai jenis kuliner lokal Kabupaten Karanganyar.

“Saya minta terminal ini disiapkan dengan baik, air juga diantisipasi, jangan sampai habis. Di sini dengan produk lokal lebih diutamakan. Karena wisata tidak bisa dikelola satu bagian saja, tapi bersama-sama,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Sabtu (17/06) saat peresmian outlet di tempat itu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan, untuk lebih mengenalkan dan memudahkan pariwisata Kabupaten Karanganyar, pihaknya akan membuat aplikasi wisata dan Pusat Informasi Wisata yang modern.

“Itu lebih mengenalkan ke wisatawan. Mencakup harga di kuliner, hotel, tempat wisata, angkutan wisata. Kami punya target tahun ini 2,5 juta wisatawan, tahun lalu realisasi 1,4 juta,” kata Titis.(pd)