Komisi D DPRD Kabupaten Majalengka Kunjungi Karanganyar

KOMINFO
Sekda Kabupaten Karanganyar saat membacakan sambutan Bupati Karanganyar pada acara Kunker DPRD Majalengka di ruang Podang II Setda Kabupaten Karanganyar, Rabu (14/6).

Karanganyar, Rabu 14 Juni 2017

Komisi D  DPRD Kabupaten Majalengka untuk bidang kesehatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar, Rabu (14/06/2017) di ruang Podang II Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar.

Kunjungan kerja Komisi D DPRD Kabupaten Majalengka yang dipimpin oleh dr. Hamdi tersebut diterima Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar.

Dalam kunjungan kerja ini, Samsi selaku yang mewakili Bupati Karanganyar mengapresiasi Komisi D DPRD Majalengka menjadikan Kabupaten Karanganyar sebagai lokasi untuk melakukan study banding. Diharapkan saling berbagi pengalaman yang diberikan nantinya bisa menjadikan ilmu untuk dapat diterapkan di Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan tersebut, Samsi dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab melalui Dinas Kesehatan mencanangkan program Karanganyar Sehat dengan menggandeng sejumlah pihak hingga perusahaan.

“Tahun ini Karanganyar Nol BABS dan tahun ini pula Karanganyar menggarap 3000 jamban masing-masing sebesar tiga juta rupiah, sehingga total jumlah untuk jambanisasi sebesar kurang lebih Rp. 9 miliar,”terangnya.

Samsi juga mengatakan bahwa pembangunan jambanisasi ini adalah hasil kerjasama BUMD, BUMN dan Baznas untuk CSRnya.

“Baznas Karanganyar menjadi unggulan, karena untuk perolehan ZISnya tertinggi se Jawa Tengah, yakni mampu mengumpulkan Rp. 1 miliar tiap bulannya,”ujarnya.

Lebih lanjut Samsi menyampaikan berbagai penghargaan yang diraih Kabupaten Karanganyar sebagai peringkat kedua kinerja Pemerintahan terbaik tingkat Nasional, Juara Lomba Desa untuk maju ke tingkat Nasional, penilaian opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak tiga kali berturut-turut, penghargaan  Hukum dan HAM, penghargaan dari Kementerian Agama  untuk BAZNAS Terbaik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Tjujuk Heru Kusumo menekankan pentingnya regulasi menjadi tugas utama Dinas Kesehatan Karanganyar sekaligus mengupayakan kesehatan untuk perseorangan dan masyarakat.

“Desa Siaga sudah ada di setiap Puskesmas, yakni guna menanggulangi bencana kesehatan dan kejadian luar biasa, dengan tim gerak cepat yang terdiri dari tenaga kesehatan dan masyarakat yang berkolaborasi dengan RSUD,”jelasnya.

Ditambahkannya, dalam rangka ikut serta mengembangkan program pemerintah pusat  yakni Indonesia Sehat, di setiap Puskesmas di 17 Kecamatan di Karanganyar telah membuka layanan IVA Tes yang mana bulan lalu dikunjungi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi beserta isteri-Isteri Kabinet Kerja.

Demikian Diskominfo (ft/ind)