Kemensos Gelontorkan 30 Miliar Bantuan PKH Kabupaten Karanganyar

KOMINFO
Suasana pembagian bantuan sosial PKH non tunai tahap I tahun 2017 di Kecamatan Karanganyar, Senin (12/6)

Karanganyar, Senin 12 Juni 2017

Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Karanganyar sebesar 30 miliar lebih kepada 20.968 keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat PKH, Senin (12/06/2017) di Kecamatan Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono hadir sekaligus membuka kegiatan bantuan sosial PKH non tunai Tahap I Kabupaten Karanganyar. Dalam sambutannya, Juliyatmono mengatakan penyaluran bantuan melalui kartu ATM tiap tiga bulan, waktunya tepat, jumlahnya sama karena dengan penggunaan kartu untuk menghindari kebocoran.

“Bisa juga enggak diambil semua. Bisa jadi tabungnan si penerima manfaat. Jumlah bantuan yang didapat sebesar Rp. 500.000,- tiap kali ditransfer. Rastra juga melalui kartu ini. Diharapkan kedepan akan menjadi standar baku yang data based betul-betul tidak boleh diubah,”terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan Penerima Manfaat bisa menggunakan kartu ini untuk kesehatan, pendidikan, rastra, pupuk, gas, listrik. Nanti melalui kartu ini tunai. Perubahan data validitas lebih kepada pengurangan jumlah.

“Logikanya begitu, seseorang dinyatakan mandiri, terlepas dari penerima itu harus punya kriteria. Siapa yang menentukan, sistem diatur supaya baik. Ini merupakan program nasional, bisa meningkatkan kemampuan masyarakat,”tuturnya.

Ditambahkannya, Pemkab memiliki cara sendiri dengan bekerjasama dengan BPS untuk mengurangi angka kemiskinan 12 persen menjadi dibawah 10 persen.

“Data base disinkronkan. Diluar penerima PKH mana yang masuk kriteria menurut BPS perlu diangkat apakah melalui intervensi, bantuan, pelatihan dan lainnya. Sedang kami petakan, data kami masukkan desa, kami kroyok bareng-bareng,”imbuh Bupati.

Sementara itu, Dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto, Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Sosial RI dengan Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar yang menggandeng BNI’46 sebagai cash transfers.

Bantuan ini adalah bagian penting dalam strategi perlindungan sosial yang bertujuan mengurangi resiko sosial, meningkatkan kesetaraan, mengurangi kemiskinan dan potensi manfaat jangka panjang perubahan perilaku positif akibat kondisionalitas.

“Hari ini dilakukan bantuan sosial PKH Tahap I sebesar 12.984.350.000,- rupiah kepada 15.497 penerima. Untuk selanjutnya Tahap II sebesar 5.237.487.500,- rupiah kepada 15.391 penerima, Tahap III 5.234.937.500,- rupiah kepada 15.359 penerima dan Tahapa IV 6.710.240.191,- rupiah kepada 20.968 penerima, sehingga total bantuan sosial PKH yang diberikan sebesar 30 miliar,”jelasnya.

Demikian Diskominfo (ft/ind)