Sekda Karanganyar Cek Alat Kelengkapan BPBD

Sekda Karanganyar, Samsi saat memeriksa mesin mobil BPBD didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Jatmiko

Karanganyar, Kamis (08/06/2017)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, memeriksa alat kelengkapan yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Kamis (08/06/) pagi.

Apel kelengkapan alat itu dilakukan di halaman Kantor BPBD Kabupaten Karanganyar. Motor-motor trail, mobil dapur lapangan, mobil tangki kapasitas 5000 liter, mobil lapangan, genset penerangan jalan, dan puluhan alat komunikasi berupa handy talky (HT) dan telepon pintar, dilihat, ditanyakan fungsi, tahun kepunyaan satu per satu oleh Sekda Samsi.

Samsi yang menjabat Kepala BPBD Kabupaten Karanganyar, didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Jatmiko, juga meninjau alat-alat evakuasi, perahu karet, mesin perahu karet, pacul, tenda dan stok makanan.

Apel itu dikatakan oleh Sekda, bertujuan untuk dalam jangka pendek ikut pengamanan lebaran dan juga musim kemarau harus siap jika ada bencana. Kesiapsiagaan dibutuhkan sejak dini agar cepat ditanggulangi.

“Kami ikut di posko gabungan, yang nanti disiapkan di Colomadu, Sroyo, Gondangrejo, Palur, Alun-alun, Bejen, Karangpandan, Cemoro Kandang, Pusat Keramaian di Tawangmangu,” kata Sekda.

Usai melihat alat-alat tadi, ternyata ada kebutuhan alat yang perlukan yakni Jaw Of Life (alat pemotong besi) dan pesawat drone. Karena kebututuhan, dia akan mengangarkan untuk membeli alat-alat tersebut. Namun masih banyak alat dan kendaran yang layak pakai bahkan masih baru seperti truk trangki.

“Yang dibutuhkan alat pemotong besi, pengangkat beton, dan drone. Kami akan anggarkan karena memang dibutuhkan untuk evakuasi bencana. Ada juga beberapa HT sudah rusak karena umur, nanti juga akan dibelikan,” katanya.

Untuk mengantisipasi bencana di musim kemarau, Sekda juga meminta semakin meningkatkan kesiapsiagaan. Jika ada bencana seperti kebakaran, puting beliung siap mengevakuasi.(pd)