Peringatan Hari Lahir Pancasila

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat membacakan teks Pancasila yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara

Puasa tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Karanganyar, bertempat di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Kamis Pagi (1/6), ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN), Persit Kodim 0727, Bhayangkari Polres Karanganyar dan Murid SMP-SMA/SMK berdiri tegap mengikuti jalannya Upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Karanganyar Juliyatmono. Tampak hadir Jajaran Forkompinda Kabupaten Karanganyar beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Karanganyar

Sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak seluruh Rakyat Indonesia untuk meneguhkan komitmen masyarakat agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila.

Di dalam sambutannya Presiden juga mengingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Kita terdiri dari berbagai etnis, bahasa, adat, agama, kepercayaan, dan golongan harus bersatu padu membentuk Indonesia, itulah bhineka tunggal ika.

Untuk menjaga ke–Bhinekaan itu diharapkan seluruh komponen masyarakat untuk berperan aktif menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Pemerintah juga menegaskan akan bertindak tegas terhadap organisasi–organisasi dan gerakan – gerakan yang Anti Pancasila, Anti UUD 1945, Anti Bhineka Tunggal Ika. Seluruh komponen masyarakat di Indonesia harus menjaga perdamaian, persatuan, dan persaudaraan, karena kita satu, Indonesia. Demikian DISKOMINFO(ad/yoga)