Perkuat Jati Diri Bangsa

DISKOMINFO
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa meminta maju salah seorang siswi peserta Seminar Menuju Masyarakat Karanganyar Maju dan Sejahtera, Selasa pagi (23/5)

Karanganyar, 23 Mei 2017

Dalam rangka memperkuat jati diri bangsa yaitu Pancasila dalam diri generasi muda di Kabupaten Karanganyar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seminar Regional Memperkuat Persatuan dan Kesatuan dalam Menuju Karanganyar Maju dan Sejahtera Selasa pagi (23/5) di Gedung Guru Cangakan Karanganyar.

Seminar yang diikuti oleh lebih kurang 150 siswa SMA/SMK, mahasiswa dari Perguruan Tinggi dan pemuda dari organisasi kepemudaan di Karanganyar kota yang dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan kepada negara Republik Indonesia ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa.

Dalam sambutannya Tarsa menekankan pentingnya penciptaan karakter pemuda yang mulia.

“Pembiasaan upacara setiap Senin di sekolah, kegiatan lomba dan apresiasi seni dari Pemerintah dilakukan untuk mendukung penciptaan karakter siswa yang bagus,” kata Tarsa.

Disinggung pula oleh Tarsa bahwa Bupati Karanganyar terus menekankan pentingnya kerukunan, keeratan, kekerabatan, dan gotong royong.

“Pemuda-pemuda melalui Karang Taruna, organisasi pemuda, mari kita perkuat jati diri bangsa yaitu Pancasila,” himbaunya.

Dalam visi yang kelima Bupati menekankan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Mahaesa. Memang masyarakat kita berbeda-beda agama dan kepercayaannya.

“Perbedaan agama jangan dijadikan permasalahan. Jangan menilai agama orang lain, biar Tuhan sendiri yang menilai masing-masing pribadi kita,” imbuh Tarsa.

“Siapa yang bercita-cita, ingin jadi presiden, menteri?” tanya Tarsa. Ada salah seorang siswi yang tunjuk jari dan diminta maju. Siswi ini mengaku ingin mejadi menteri pendidikan. Berkat keberaniannya bermimpi dan menyampaikan cita-citanya di hadapan banyak orang, Tarsa memberinya hadiah uang Rp.100.000,00. Spontan teman-temannya bertepuk tangan.

Setelah dibuka, seminar dimulai. Disinggung oleh pemateri seminar dari Kementrian Agama Kabupaten Karanganyar bahwa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting untuk memperkuat jati diri bangsa, memperkuat ketahanan nasional, memudahkan tercapainya tujuan nasional dan menciptakan suasana yang tenteram, aman dan damai sehingga kesejehteraan masyarakat bisa tercapai. Demikian Diskominfo (krs)