Karanglo Targetkan Juara Nasional Lomba Desa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan sambutan pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Karanganyar, Selasa (23/05/2017)

Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, targetkan Juara Nasional Lomba Desa mewakili Provinsi Jawa Tengah, jika berhasil menyisihkan dua Kabupaten lainnya (Sragen dan Kebumen).

“Kita targetnya memenangi lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah, kemudian menang di tingkat Nasional,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Di depan Tim Penilai Lomba Desa, yang di ketuai oleh Ibnu Kuncoro, Bupati, menjelaskan dalam persiapan untuk Penilaian Lomba Desa ini sangat serius dan siap menang juara nasional, Selasa (23/05) di Gedung Serba Guna, Desa Karanglo.

“Kami siap menang Juara Nasional, dan mendukung penuh dalam persiapan untuk meraih juara itu, jika kurang apa akan dicukupi,” kata Bupati Karanganyar.

Ditempat yang sama, Ibnu Kuncoro, mengatakan terkait dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, tim ingin melihat desa berkembang berdasarkan dengan dokumen-dokumen indikator yang harus dan telah diisi.

“Tahun ini yang ikut 19 kabupaten, setelah pemeriksaan dokumen administrasi yang lolos ada tiga kabupaten, kemudian tim penilai ke lapangan melihat langsung realisasi apakah sesuai dengan dokumen tersebut,” kata Ibnu.

Dari tiga kabupaten itu, dipilih satu juara dan penghargaan akan diberikan saat peringatan Hari Jadi Jawa Tengah. Ibnu juga meminta jika ingin menjadi juara satu nasional harus benar-benar  mempersiapkan dan totalitas.

“Jika juara menjadi tempat percontohan dan segi perekonomian juga berputar dengan baik, apalagi disini sudah ada kampung matematika, pasti banyak tamu yang datang,” katanya.

Terkait dengan penilaian, ada indikator-indikatornya yakni Kewilayahan, Pemerintahan, dan Partisipasi. Tim terbagi sesuai dengan penilaian bidang masing-masing. Menariknya, dari tingkat partisipasi, BUMDES dan gedung sangat baik.

Sementara itu, Kepala Desa Karanglo, Parjo, mengatakan di wilahnya mempunyai visi “Karanglo Bagus (Bertakwa, Aspiratif, Guyub, Unggul, Sejahtera)” yang sejalan dengan Visi Kabupaten Karanganyar.

“Di desa kami ada program desa vokasi berupa kelompok usaha produktif unggulan, ada kelompok usaha tela unggu, kelompok usaha pertukangan, usaha pertanian, kampung matematika,” katanya.(pd)