Guru MGMP Seni Budaya Main Kethoprak

Sekda Samsi turut tampil pada pentas kethoprak yang digagas guru MGMP Seni Budaya

Karanganyar, Senin (22/05/2017)

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya se Kabupaten Karanganyar main bareng dalam pentas kethoprak dalam dua lakon, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (20/05) malam, di halaman Pujasera Cangakan.

Dua lakon (judul) itu mengisahkan masa Kerajaan Singosari pada jaman Ken Arok dan Ken Dedes, yang dibuat dengan perpaduan opera. Judul yang lain yakni “Sumunaring Kadipaten Karanganyar,” mengisahkan tentang suatu pemerintahan yang berhasil “memancarkan sinar” kejayaan.

Sekitar 20 an guru memainkan kethoprak dengan masing-masing berdurasi sekitar dua jam, berhasil memukau penonton. Tak hanya itu saja, bahkan para sinden dan penabuh gamelan juga para guru. Menariknya lagi, sebagai pemain kehormatan yakni Sekretasris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, dan tokoh masyarakat, Mbah Suhud.

“Malam ini sebagai “gong” rangkaian Hari Pendidikan Nasional, yang sudah diperingati secara baik dan lancar di seluruh tingkat Kecamatan dan cukup meriah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar, Tarsa.

Acara pada malam itu merupakan perwujudan dari angan-angan yang sudah lama dari MGMP, bagaimana caranya kreativitas muncul dan melestarikan budaya tradisional.

“Guru-guru seni budaya sudah biasa melatih di sekolah, malam ini sebagai pemain,” kata Tarsa.

Selain, pentas kethoprak, di tempat itu juga dipamerkan berbagai karya seni lukis  dari siswa-siswa beberapa SMP di Kabupaten Karanganyar.(pd)