Germas Kunci Sukses UHH Karanganyar Meningkat

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Rohadi Widodo mengikuti senam Gemu Fa Mi Re bersama peserta senam SSI di Alun-Alun Karanganyar, Sabtu Pagi (20/5)

Karanganyar, Sabtu 20/5/2017

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo beserta Sekda Karanganyar dan Kepala OPD hadiri peringatan Hari Lansia Ke-22 Tahun 2017 Kabupaten Karanganyar di Alun-Alun Karanganyar, Sabtu Pagi (20/5). Dalam acara tersebut sekaligus dicanangkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat) dan Gebyar Prolanis.

Kurang lebih 1200 peserta lansia yang tergabung dalam SSI (Senam Sehat Indonesia) di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar tampak antusias mengikuti apel sekaligus senam bersama Bupati Karanganyar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengajak kepada lansia untuk senantiasa berkontribusi produktif, dimana usia sudah tidak menjadi kendala lagi. Ini dibuktikan dengan Usia Harapan Hidup (UHH) Kabupaten Karanganyar makin tahun meningkat mencapai rata-rata 72,9 tahun.

“Hidup sehat itu mudah yaitu dengan menggerakkan tubuh dan selalu senyum selain itu rajin mengkonsumsi sayuran”, kata Juliyatmono

Ditambahkan lebih lanjut Juliyatmono mengatakan Kabupaten Karanganyar sebagai Kabupaten Peduli Lansia telah berupaya maksimal dalam memberikan perhatian kepada Lansia. Program-program seperti posyandu lansia, senam lansia, pendampingan rohani dan pemberian jatah hidup adalah salah satu dari sekian program yang telah dijalankan. Atas perhatian yang luar biasa ini kepada lansia, Menteri Sosial RI memberikan penghargaan kepada Bupati Karanganyar sebagai Pejabat yang peduli terhadap lansia pada tahun 2016 lalu.

Sementara itu Iskandar Ketua Panitia peringatan  Hari Lansia Ke-22 melaporkan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama antara Pemkab Karanganyar dalam hal ini Dinas Sosial beserta BPJS Karanganyar, Barada SSI Karanganyar dan Formi Karanganyar. Selain apel dan senam bersama, pada hari ini juga diadakan acara gebyar Prolanis oleh BPJS Karanganyar yang bertujuan untuk mengajak warga Karanganyar berperilaku hidup bersih dan sehat dengan rajin memeriksakan kesehatan secara periodik. Demikian Diskominfo (ad)