Kelompok Tani Organik Terima Bantuan Motor

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat mencoba motor roda tiga untuk bantuan Kelompok Tani Organik.

Karanganyar, Kamis (11/05/2017)

Kelompok Tani pertanian organik sebanyak tujuh kelompok mendapatkan bantuan alat pertanian berupa motor angkut roda tiga, dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Pemberian alat pertanian itu diserahkan langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Rabu (10/05) di Terminal Wisata Karangpandan, di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo.

“Bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 ini baru bisa diberikan untuk tujuh dari 15 kelompok tani organik di Kabupaten Karanganyar, sisanya mudah-mudahan diberikan lewat APBD Perubahan tahun ini,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Supramnaryo.

Motor angkut roda tiga itu diberikan untuk Kelompok Tani (Poktan) Mulyo 1, Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang. Poktan Makaryo II, Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang. Poktan Pandan Sari, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang. Poktan Anugerah, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih. Poktan Konco Tani, Desa Karangrejo, Kecamatan Kerjo.

“Adapula Kelompok Tani Rukun Makmur I, Desa Seloromo, Kecamatan Jenawi dan Poktan Gemah Ripah, Desa Ngemplak, Kecamatan Karangpandan. Motor itu digunakan untuk pengangkutan pupuk oranik dan beras oranik,” kata Supramnaryo.

“Saya meminta agar bantuan itu jangan dijual, apalagi harga satu unit motor itu Rp. 25 juta. Dirawat dengan baik dan digunakan semestinya agar produksi pertanian organik meningkat,” kata Bupati.

Bupati juga menekankan pertanian organik di Kabupaten Karanganyar ditekuni dengan serius. Berkaitan dengan pemasaran produknya, jika ada kendala bisa disampaikan melalui Pemerintah.

“Sesama penjual saya minta rukun agar harga pasar tidak rusak agar sehingga daya tawar tinggi. Kesulitan pemasaran bisa disampaikan ke Pemerintah,” katanya.

Pada kesempatan dan ditempat itu, Bupati juga meresmikan Kios organik khusus beras dan sayuran oranik untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pengemasannya terlihat baik, bersih, dan menarik pembeli.(pd)