Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Disarpus Karanganyar Gelar Sosialisasi Manajemen Perpustakaan

Kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan sambutan sekaligus nara sumber acara Sosialisasi Manajemen Perpustakaan, Selasa Siang (9/5)

Karanganyar, 9 Mei 2017

Dalam rangka meningkatkan minat membaca masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar menggelar sosialisasi manajemen perpustakaan di aula Disarpus Karanganyar, Selasa (9/5/2017) siang.

Hadir Bupati Karanganyar sekaligus membuka sosialisasi tersebut. Dalam arahannya, Juliyatmono menghimbau kepada  Kepala UPTPUDNFI dan SD, Kepala sekolah, guru di Karanganyar supaya ikut serta menyosialisasikan manajemen perpustakaan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan ketertarikan siswa pada perpustakaan.

“Keberadaan perpustakaan ini sangat penting dalam rangka mewujudkan Karanganyar cerdas, mencetak generasi berkualitas,”ujar Bupati dihadapan peserta yang diikuti Kepala UPT, Kepala Sekolah SMP Negeri/Swasta se Karanganyar, Koordinator Pengawas.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi manajemen perpustakaan, harapan Bupati dapat menyemangati dan membawa manfaat yang besar bagi siapapun terutama anak didik sebagai generasi penerus yang berkarakter.

“Kita harus dapat mengemas sekaligus menyajikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan bagi anak-anak kita, selain sebagai tempat membaca, belajar, perpus dapat menjadi ajang untuk sharing, forum diskusi dan kegiatan lainnya sehingga kesan membosankan itu hilang,”pesannya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Endang Muryani selaku anggota Dewan Komisi D  Kabupaten Karanganyar yang mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi menajemen perpustakaan. Ia mengatakan dengan adanya kegiatan dalam rangka menunjang perpustakaan dapat memotivasi masyarakat untuk kemajuan perpustakaan  menuju Karanganyar yang maju dan cerdas .

“Sosialisasi ini menunjukkan masih adanya ketertarikan dan perpustakaan sendiri punya andil besar untuk kemajuan Karanganyar. Dan kami selaku wakil rakyat akan mendukung penganggaran yang memang benar-benar digunakan untuk kemajuan perpustakaan, kami siap membantu,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Karanganyar, Bambang Harsono, mengatakan digelarnya sosialisasi ini dalam rangka menyamakan persepsi pentingnya peran perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Demikian Diskominfo (ad/ind)