Sinergitas Antara Pemkab Karanganyar dan Ketua RT/RW, Demi Terwujudnya masyarakat Karanganyar yang tentram.

Kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan pembinaan kepada Ketua RT/RW yang ada di Kecamatan Kerjo, Kamis Malam (4/5)

Karanganyar, Jumat 5/5/2017

Sebanyak 371 orang yang terdiri dari 280 Ketua RT dan 91 Ketua RW di 10 Desa yang ada di Kecamatan Kerjo menerima pembinaan dan insentif dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar di Aula Kecamatan Kerjo, Kamis Malam (4/5). Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo hadir dalam acara tersebut didampingi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Pemberian insentif ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Karanganyar kepada Ketua RT/RW yang dinilai mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun desa dan menjaga kerukunan warga sesuai dengan misi yang telah ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati dalam (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) RPJMD 2014-2018.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengajak kepada warga Kecamatan Kerjo melalui Ketua RT/RW yang hadir untuk terus menjaga kerukunan yang terbina dengan baik, jangan terpengaruh dengan ajakan-ajakan sesat untuk mengikuti aliran tertentu yang bertujuan merusak keBhinekaan.

“Atas nama Pemerintah, saya ucapkan terima kasih atas kerukunan dan gotong royong warga selama ini, tentunya ini tidak lepas dari peran panjenengan semua (ketua RT/RW)”, kata Juliyatmono

Atas keberhasilan tersebut, Bupati Karanganyar pada Rabu (12/4) di Hotel Lor In Karanganyar menerima penghargaan dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Juliyatmono dinilai berhasil sebagai kepala daerah peduli terhadap kerukunan dan dukungan terhadap Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).

Lebih lanjut Juliyatmono mengatakan pemberian insentif ini yang merupakan kali keempat pelaksanaannya dimana tiap tahun selalu dilaksanakan jelang puasa maupun jelang lebaran. Tiap Ketua RT/RW akan diberikan insentif Rp. 1.500.000,- dipotong pajak 6%.

Sementara itu Kadiskominfo Larmanto mengatakan Kabupaten Karanganyar dalam era kepemimpinan Bupati Juliyatmono dan Wakil Bupati Rohadi Widodo telah banyak meraih prestasi yang gemilang seperti opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun berturut-turut 2015-2016 dimana ini belum pernah diraih Bupati-Bupati Sebelumnya. Selain itu Kabupaten Karanganyar dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat telah berbasis IT, Seperti layanan website, aduan online, Alap-Alap Smart System dan informasi berbasis geospasial (Layangmas). Inovasi tersebut juga mendatangkan prestasi dengan diraihnya Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai Kabupaten Berkinerja Terbaik 2 Nasional dari Kemendagri RI yang diserahkan pada Selasa Pagi (25/4) di Alun-Alun Sidoarjo oleh Menkopolhukam Wiranto bersama Mendagri Tjahyo Kumolo.

Selain sejumlah prestasi gemilang tersebut, Kabupaten Karanganyar juga telah menerapkan pendidikan gratis dari jenjang SD-SMA, terkait dengan status peralihan SMA/SMK ke Propinsi, Bupati Karanganyar Juliyatmono berupaya tetap mengratiskan pendidikan untuk SMA-SMK yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Dengan makin maraknya hoak (informasi yang tidak benar), saya mengajak kepada bapak/ibu sekalian yang hadir untuk mencari kebenaran informasi yang diterima dan teruskan keberhasilan yang telah diraih Kabupaten Karanganyar selama ini kepada warga di tempat Bapak/Ibu tinggal sehingga akan terpelihara iklim yang kondusif”, harap Larmanto.

Pemberian insentif bagi Ketua RT/RW akan berlanjut di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar. Demikian Diskominfo (ad)