Status Beralih ke Provinsi, Pemkab Karanganyar Tetap Perhatikan SMA/SMK di Karanganyar  

KOMINFO
Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan pengarahan pada acara pelepasan siswa SMAN I Karanganyar di Gedung Wanita Karanganyar, Kamis (4/5)

Karanganyar, Kamis 4 Mei 2017

Meski pengelolaan pendidikan SMA/SMK di Kabupaten Karanganyar telah beralih, Pemkab Karanganyar tetap akan memperhatikan pendidikan SMA/SMK agar kualitas SMA/SMK tetap terjaga.

Hal tersebut dikemukan Bupati Karanganyar, Juliyatmono ketika menghadiri acara pelepasan SMA Negeri 1 Karanganyar di Gedung Wanita Karanganyar, Kamis (4/5/2017)siang.

Menurutnya perubahan pengelolaan SMA/SMK ke Propinsi bukan berarti serta merta Pemkab lepas tangan terhadap pendidikan yang berlangsung di SMA/SMK di Karanganyar. Salah satunya yakni Pemkab tetap akan memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, pemberian beasiswa setiap tahunnya supaya semangat untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Meskipun dibawah kewenangan Propinsi,  Pemkab masih sanggup menggratiskan sekolah masih mampu mencetak sekolah sekolah berprestasi dan masih mampu memberikan bonus bagi siswa-siswa berprestasi. Tetap terus kami kawal,”tandasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan untuk siswa yang masuk perguruan tinggi melalui jalur undangan/tanpa melalui tes akan mendapatkan beasiswa. Sementara siswa yang mendapatkan juara I nilai terbaik tingkat Propinsi pihaknya akan memberikan hadiah sebesar sepuluh juta rupiah dan siswa berprestasi dengan nilai  seratus untuk mata pelajaran matematika, akan diberikan hadiah sebesar satu juta rupiah.

“Pemberian reward ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemkab untuk menyemangati anak-anak kita tetap melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan tiga siswa SMA Negeri 1 Karanganyar yang memperoleh nilai seratus mata pelajaran matematika, yakni : Dimas Prima Yuda (Kelas XII IPA 1), Fajar Adi Nugroho (Kelas XII IPA 9), Indra (Kelas XII IPS 2).

Diakhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada orang tua dan guru jika  anak yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah, jangan ditunda tapi harus disemangati, dibiayai. Pihaknya pun menyampaikan terima kasih pada siswa-siswa kelas XII yang tidak melakukan huru-hara, hura-hura pada pengumuman kelulusan kemarin dan ini menunjukkan Karanganyar cerdas.

“Harta  kita yang paling berharga adalah anak-anak kita yang selalu kita harapkan menjadi anak-anak yang soleh, baik dapat menjadi pemimpin yang hebat dan sukses. Dan kepada anak-anakku untuk tetap berbakti kepada orang tua. Karena mereka lah yang menghantarkan kalian menjadi orang yang hebat,”pesannya.

Demikian Diskominfo (ft/ind)