Empat Puskesmas Dinilai Tim Surveyor Akreditasi FKTP

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan pada penerimaan Tim Surveyor Akreditasi FKTP

Karanganyar, Kamis (04/05/2017)

Empat Puskesmas di Kabupaten Karanganyar dinilai Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan, selama tiga hari, Kamis-Sabtu (04-06/05).

“Kedatangan kami kesini untuk melihat dari dekat, bagaimana pelayanan puskesmas. Kemudian dinilai untuk mendapatkan tingkat akreditasi,” kata Ketua Tim Surveyor Akreditasi FKTP, dr. Imam Triyanto, MPH, Rabu (03/05) malam, di Ruang Anthorium, Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

“Periode sebelumnya juga empat puskesmas, dan kali ini juga empat. Semoga juga lulus semua dan peringkat juga lebih tinggi,” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan baru saja Pemkab Karanganyar mendapatkan LPPD 2015, dengan peringkat dua besar tingkat Nasional.

“Tim untuk menyusun itu PNS masih muda-muda. Saya salut dan akan diberi penghargaan supaya tetap semangat. Harapan kami, puskesmas-puskesmas itu juga seperti mereka (berprestasi), bisa terakreditasi semua, dan juga diberi penghargaan” kata Bupati Karanganyar.

Terkait dengan kesehatan masyarakat, kebutuhannya juga semakin tinggi, tambahnya. Di tahun ini akan dibangun Puskesmas rawat inap di Kecamatan Mojogedang, juga Kecamatan Colomadu.

“Setiap tahun satu sampai tiga puskesmas dibangun yang representatif supaya memeriksa kesehatan juga nyaman,” kata Bupati.

Tim Surveyor selama tiga hari menilai Puskesmas Jaten 1, Tasikmadu, Kerjo, dan Kebakkramat 2. Setiap puskesmas dinilai tim yang terdiri dari tiga orang, berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dan Kementerian Kesehatan RI.

“Ada dua rawat jalan (Kebakkramat2 dan Tasikmadu), satu rawat inap (Kerjo), satu agak mengambang, diajukan rawat inap namun ketetapan dari Kemenkes masih rawat jalan (Jaten 1),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo.

Di Kabupaten Karanganyar, yang sudah lulus mendapatkan akreditasi untuk tingkat Dasar yakni Puskesmas Jenawi, Puskesmas Mojogedang I, sedangkan tingkat Madya yakni Puskesmas Colomadu I, dan Puskesmas Gondangrejo.

“Ada 21 Puskesmas di Kabupaten Karanganyar, sudah lulus Dasar dan Madya ada empat, lalu ada 17 yang belum terakreditasi. Pada semester ini mengajukan empat puskesmas, sisanya 13 puskesmas akan diajukan pada semester dua, target tahun 2017 ini selesai semua di akreditasi,” kata Cucuk Heru Kusumo. (pd)