Pendidikan Latihan Dasar Banzer

KOMINFO
Bupati Karanganyar Memasangkan Penutup Kepala Kepada Peserta DIKSAR

Karanganyar, 28 April 2017

Pendidikan Latihan Dasar (DIKSAR) Banzer berlangsung di Balai Desa Kaling Tasikmadu Jumat malam(28/4). Pada kesempatan ini Bupati Karanganyar berkesempatan menghadiri acara tersebut. Acara ini diikuti oleh 2 anak cabang, yakni Gerakan Pemuda Anshor (GP Ansor) Kecamtan Tasikmadu dan Jaten. Sedangkan jumlah peserta diksar sendiri berjumlah 101 orang. Bersamaan dengan acara itu juga diadakan pelantikan pengurus anak cabang GP Ansor Kecamatan Tasikamdu.

Rencananya DIKSAR ini akan berlansung selama 3 hari dan berakhir pada Minggu sore. Dalam diksar ini para peserta akan di latih tentang keagamaan, ke NU an, Kenegaraan, latihan fisik yang akan dilatih langsung dari pihak Koramil Tasikmadu, baris – berbaris, dan lalu lintas yang akan dilatuh langsung dari Satlantas Polres Karanganyar.

Menurut Suwanto selaku ketua pengurus cabang GP Ansor Kabupaten Karanganyar acara seperti ini diadakan untuk mencetak kader – kader muda yang berfungsi untuk membentengi masyarakat dari gerakan – gerakan radikal.

Sementa itu Juliyatmono dalam sambutannya mengharapkan NU melalui Banzer harus mengawal Pancasila dan UUD 45 sebagai dasar negara. Selain itu bupati juga menuturkan kegiatan – kegiatan seperti ini harus sering di adakan karena dapat mengarah ke hal- hal yang produktif dan positif. Bupati juga menghimbau dalam pelatihannya banzer – banzer muda harus dipahamkan punya percaya diri yang tinggi menjadi kader NU. Selain itu bupati juga meminta agar banzer diperkuat agar bisa menghalu gerakan – gerakan radikal yang mungkin berkembang di masyarakat. Banzer harus bisa bersama – sama untuk menciptakan suasana yang rukun gotong royong dalam semua golongan masyarakat. “Ciptakan lingkungan yang aman, nyaman, sejuk, dan baik,” pungkas Juli.(yoga/adt)

Demikian DIKOMINFO