PELANTIKAN DPC APDESI MASA BAKTI 2017-2022

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar Juliyatmono Memakaikan Jas Kepada Ketua APDESI Yang Baru

Karanganyar, 29 April 2017

Sejumlah 36 orang pengurus DPC APDESI (Dewan Perwakilan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) masa bakti 2017-2022 dilantik. Pelantikan ini berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar sabtu malam (29/4). Acara dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar.

APDESI adalah satu –  satunya wadah bagi Pemerintahan Desa. APDESI Nasional sendiri di bentuk pada tahun 2005. Sesuai instruksi Menteri pada tahun 2005 untuk dibentuk Asosiasi Pemerintah Provinsi yang beranggotakan Gubernur – gubernur, dan di Kabupaten dibentuk AKASI (Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia) yang beraggotakan Bupati – bupati, sedangkan di desa dibentuk APDESI.

Menurut Haryanto selaku ketua panitia anggota – anggota APDESI adalah Kepala – kepala desa se-Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 162 orang. Fungsi Organisasi ini adalah untuk mengawal Undang – undang Desa. Selain itu dengan adanya APDESI diharapkan dapat mendorong berjalannya Permendes (Peraturan Mentri tentang Desa).

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Karanganyar Juliyatmono berpesan agar para Kepala Desa dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai sarana untuk berjuang mensejahterakan masyarakat di Desanya. Selain itu Juliyatmono juga menghimbau agar Lurah dapat memperjuangkan kesejahteraan perangkat desanya, supaya mereka bisa terpacu kinerjanya. Selain itu Bupati juga mengharapkan agar semuanya terus menjaga semangatnya agar pembangunan terus bergerak maju. “Desa adalah miniatur Negara, apabila desa maju maka negara juga akan maju,” kata Juliyatmono.(yoga/adt)

Demikian DISKOMINFO